22.5 C
New York
Friday, August 23, 2024

Stand Kerajinan Dekranasda akan Hadir di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pemko Tebing Tinggi akan mendirikan sekretariat sekaligus stand kerajinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Moettaqien Hasrimi mengatakan, selama ini sekretariat atau stand (tempat pameran) Dekranasda Kota Tebing Tinggi belum ada.

“Di tempat inilah nantistand Dekranasda. Letaknya di lapangan Merdeka, di sini sangat representatif, bagaimana nanti kita buat sekat-sekatnya, apa-apa saja nanti yang dibutuhkan. Dengan keterbatasan yang ada pada kita, tapi saya pastikan tahun ini kita renovasi,” ujar Moettaqien dalam kegiatan sharing (bincang tukar pikiran), Kamis (22/8/24) malam.

Sementara itu, Kadisnakerperin Iboy Hutapea mengungkapkan pada dasarnya Dekranasda adalah handicraft (kerajinan tangan). “Kalau pun ada produk kuliner, makanan minuman (saat pameran Dekranasda) di desk utama, tetap handicraft yang merupakan kerajinan buatan tangan,” katanya.

Baca Juga : Pemko Tebing Tinggi Kembali Gelar Pasar Pengendali Harga

Merespon hal ini, perwakilan pelaku UMKM Kerajinan, Putra yang merupakan owner Tebing Batik Colection berharap kepada Dinaskerperin untuk terlebih dahulu menginventarisir pelaku UMKM, mengingat masih banyaknya pelaku UMKM yang belum terdata.

“Saya juga berharap untuk desainnya (stand Dekranasda) nanti, ada juga pojok untuk belajar, sebagai salah satu daya tariknya,” harapnya.

Haris pelaku kerajinan UMKM/desainer mengungkapkan rasa optimis dan antusias atas rencana penempatan Dekranasda di kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah tersebut. “Saya merasa senang dan sangat setuju, Dekranasda dihidupkan dengan tempat yang representatif dan InsyaAllah bisa terjun ke dunia internasional,” ungkapnya. (nazli/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles