14.3 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Lewat Program ‘Ini Genting’, Forum GenRe Sumut Ajak Siswa SMAN 3 Cegah Stunting

Medan, MISTAR.ID

Forum Generasi Remaja (GenRe) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting (Ini Genting) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Medan di, Jalan Budi Kemasyarakatan No 3, Kecamatan Medan Barat, Kamis (22/8/24).

Ketua Umum Pengurus Provinsi Forum GenRe Indonesia Sumut, Muhammad Irsan mengatakan, kegiatan yang disebut juga dengan Bulan Ini Genting (Bling), bertujuan untuk menyiapkan remaja di masa depan.

“Tujuannya agar teman-teman remaja ini bisa penyiapan kehidupan berkeluarga, dimulai dari edukasi mengenai pentingnya stunting, tablet tambah darah dan juga asupan gizi yang seimbang,” katanya kepada Mistar.id

Baca juga: Atasi Stunting, Pelajar Dibekali Pengetahuan Sebelum Menikah

Gerakan serentak ini, sambung Irsan, juga menyasar kepada para remaja usia 15-19 tahun yang ada di sekolah.

Program ‘Ini Genting’ memiliki input program yaitu edukasi gizi dan juga pencegahan anemia. Karena itu, Irsan juga menekankan agar para remaja mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

“Kita menekankan juga, bagaimana teman-teman remaja itu bisa mengkonsumsi asupan gizi seimbang dan mengkonsumsi tablet tambah darah untuk yang perempuan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, ‘Ini Genting’ sudah dimulai sejak tahun 2023 dengan target 131 ribu remaja, dalam upaya preventif dari hulu ke hilir.

Melalui semangat bersama dari lintas sektor dan juga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut, Irsan berkomitmen, bahwasannya remaja harus mengetahui preventif stunting.

“Harapannya program Ini Genting bisa menjadi representatif remaja yang sehat, cerdas dan ceria. Hingga nantinya dalam penyiapan kehidupan berkeluarga bisa siap secara mental dan fisik hingga bisa melahirkan anak yang unggul serta yang cerdas tentunya,” ungkapnya.

Program Ini Genting, kata Irsan, sudah dilaksanakan di 33 kabupaten/kota, dan dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan serupa di sekolah-sekolah lainnya.

Baca juga: Dinkes Dairi Komit Bikin Stunting Menurun dan Dairi Maju

“Mungkin selanjutnya ada di MAN Labuhanbatu. Lalu sekolah-sekolah yang memang menjadi sasaran dari program Ini Genting di Pusat Informasi Konseling Remaja yang ada di sekolah Sumut,” pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan senam bersama, sosialisasi edukasi dari Duta Genre Sumut, kemudian Ayah (Pj Gubernur) Bunda (Pj Ketua TP PKK Sumut) Genre Sumut menyapa, games hingga pemberian hadiah, lalu ada gerakan minum tablet tambah darah serentak.

Kegiatan lainnya yaitu penandatanganan komitmen bersama, cek screening anemia di UKS, cek mental health di ruang konseling kemudian diakhiri dengan peninjauan kantin yang sehat dan juga yang berkualitas tentunya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles