17.3 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Dihantam 3 Proyektil, Kapal Tanker di Lepas Pantai Yaman Terbakar

Sanaa, MISTAR.ID

Kapal tanker minyak berbendera Yunani terbakar hingga kehilangan tenaga mesin dan terombang-ambing di lautan, setelah dihantam tiga proyektil dalam serangan terbaru di lepas pantai Yaman.

Dilansir AFP dan Reuters, Kamis (22/8/24), otoritas Athena mengidentifikasi kapal tersebut sebagai kapal tanker minyak Sounion berbendera Yunani.

Menteri Urusan Maritim Christos Stylianides mengecam serangan itu sebagai ‘ancaman serius’ terhadap pelayaran internasional.

Badan keamanan maritim Inggris, Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO), yang dikelola oleh Angkatan Laut Inggris melaporkan bahwa kapal tanker itu dihantam oleh dua proyektil tak teridentifikasi sebelum dihantam oleh proyektil ketiga.

Baca Juga : Kapal Tanker Berisi Minyak Terbalik di Perairan Filipina

Serangan terjadi di perairan berjarak 77 mil laut atau 142 kilometer dari kota pelabuhan Hodeidah, yang dikuasai pemberontak Houthi di Yaman, Rabu (21/8/24) pagi waktu setempat.

UKMTO melaporkan para awak kapal awalnya terlibat baku tembak dengan dua kapal kecil — satu kapal membawa 3-5 orang dan satu kapal lainnya membawa 10 orang di dalamnya. Kapal tersebut kini hanyut dan tidak berada di bawah komando.

Kapal Sounion merupakan kapal tanker produk minyak yang dimiliki perusahaan pelayaran Yunani, Delta Tankers. Otoritas pelabuhan Yunani melaporkan kapal tanker itu berangkat dari Irak dan berlayar menuju ke pelabuhan dekat Athena, dimana terdapat banyak kilang minyak. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles