14.7 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Spesialis Gizi: Minuman Berelektrolit dan Makanan Tinggi Vitamin C Baik Bagi Pasien DBD

Medan, MISTAR.ID

Spesialis Gizi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dr Eka Febriyanti mengimbau masyarakat untuk memperhatikan makanan hingga minuman yang baik bagi pasien Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini salah satu upaya untuk menghindari dehidrasi.

“Jadi yang paling penting adalah cairan tubuh harus cukup. Dalam memenuhi cairan itu sendiri, lebih baik lagi mengkonsumsi cairan yang berelektrolit. Sepertinya oralit atau minuman berelektrolit lainnya,” ujarnya kepada mistar.id, Rabu (21/8/24).

Segi makanan, lanjut Eka, pasien DBD sebaiknya juga mengkonsumsi makanan tinggi protein untuk meningkatkan imun.

Baca juga:Kurangi Angka DBD, Puskesmas Amplas Rutin Sosialisasikan PSN

“Selain itu, bisa juga konsumsi makanan yang tinggi vitamin C untuk membantu agar tidak mudah terjadi perdarahan. Buah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C juga baik, misalnya jambu biji hingga jeruk,” katanya

Menurut alumni Universitas Andalas itu, manfaat vitamin C untuk meningkatkan daya tubuh, sekaligus juga elastisitas dari pembuluh darah.

“Sehingga menjaga dari kebocoran-kebocoran plasma ataupun perdarahan yang rentan terjadi pada penderita DBD. Maka dengan adanya vitamin C yang cukup, perdarahannya itu bisa dicegah,” tuturnya.

Bagi pasien DBD, perlu menghindari makanan pedas, terlalu asam hingga bergas. “Kalau yang benar-benar signifikan harus dihindari sebenarnya tidak ada. Tapi sebaiknya dihindari seperti misalnya makanan yang bisa mengiritasi lambung,” ungkapnya.

Baca juga:Peralihan Musim Panas ke Hujan, Waspadai ISPA dan DBD

Dokter di klinik spesialis UMSU juga mengimbau agar masyarakat melakukan pencegahan. Sebab, demam berdarah sendiri penyakit yang menular lewat nyamuk.

“Sebaiknya kita melakukan pencegahan. Jangan sampai ada jangkitan demam berdarah di lingkungan kita dengan  menerapkan prinsip 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur,” tegasnya.

“Tingkatkan daya tahan tubuh. Makan-makanan yang bergizi seimbang. Kemudian istirahatnya yang cukup, supaya daya tahan tubuhnya baik dan jangan lupa juga melakukan olahraga secara rutin,” pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles