15.3 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Soto Betawi dan Rawon Jadi Hidangan Terbaik Dunia 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Kekayaan kuliner Indonesia kembali masuk sebagai hidangan terbaik dunia 2024. Menurut daftar Taste Atlas, rawon dan soto betawi berhasil masuk dalam daftar.

Rawon, hidangan khas Jawa Timur, menempati posisi kedua dengan nilai 4,7. Sementara, soto betawi berada di posisi ketiga dengan nilai yang sama. Kedua kuliner ini bahkan melampaui popularitas ramen, yang berada di posisi ketiga dengan nilai 4,6.

Tak hanya rawon dan soto betawi, Indonesia juga menempatkan hidangan lain di daftar tersebut. Gulai menempati posisi 18, sementara soto lamongan berada di peringkat 42.

Baca juga: Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia

Dalam keterangan tentang rawon yang dilihat di situs resmi Taste Atlas, Rabu (21/8/24),  menyoroti kluwek, buah yang dikenal dengan nama picung. Kluwek merupakan kunci rasa khas rawon dan memberikan warna hitam pekat pada kuahnya.

Posisi pertama ditempati oleh bori-bori dari Paraguay, yang mendapatkan nilai 4,8. Sup ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang disajikan bersama pangsit dari jagung dan keju.

Daftar hidangan terbaik ini dirilis oleh Taste Atlas pada Agustus 2024 dan didasarkan pada ulasan kritikus serta para ahli gastronomi di berbagai negara. (taste/hm20)

Related Articles

Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia

Latest Articles