15.3 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

UPT Balai Benih Ikan Hatonduhan Sediakan Bibit Ikan Lebih Murah

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun melalui Balai Benih Ikan (BBI) Hatonduhan, menyediakan benih ikan harga murah kepada masyarakat. BBI ini juga membina usaha pembenihan ikan rakyat.

Kepala Balai Benih Ikan Hatonduhan, Marlina Siregar menjelaskan, kualitas benih yang disediakan secara umum meningkatkan produksi perikanan air tawar sekaligus menentukan keberhasilan pembudidayaan.

“Prinsipnya BBI adalah potensi PAD Dinas Perikanan, yang bibit ikannya dijual dengan harga yang lebih murah dibanding tempat yang lain, dengan kualitas bibit ikan nila,” ungkapnya, Rabu (21/8/24).

Baca juga: Lomba Mancing Bersama Masyarakat, Strike Wali Kota di BBI Siantar

Ia mengatakan, BBI yang berada di Huta Ginjang Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan berdiri sejak tahun 2007. BBI itu diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai penyediaan benih ikan unggul sehingga kebutuhan akan ikan nila yang bermutu pada masyarakat Kabupaten Simalungun dapat terpenuhi

“Dengan demikian usaha budidaya perikanan diharapkan dapat berkembang pesat dan peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan adalah suatu target yang ingin dicapai kedepan di Kabupaten Simalungun,” ungkapnya.

Untuk harga ikan nila dibandrol seharga Rp500 per ekor dengan ukuran 4 – 5 cm, dan di Balai Benih Hatonduhan ini hanya tersedia benih ikan nila saja.

Baca juga: BBI Hatonduhan Distribusikan 6 Ribu Benih Ikan Gratis Periode Juni-Juli 2024

Marlina berharap agar BBI dapat menjadi pusat dari kegiatan perikanan di Kecamatan Hatonduhan. Seperti kegiatan penjualan bibit ikan, kegiatan edukasi dan konsultasi mengenai kegiatan budidaya perikanan, baik itu ikan konsumsi maupun ikan hias. Serta sebagai sarana wisata bagi masyarakat.

“Semoga UPTD BBI Hatonduhan semakin dikenal masyarakat sebagai penghasilan bibit ikan unggul di kecamatan Hatonduhan,” ucapnya. (abdi/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles