16.8 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Besok Bahlil Lahadalia Dilantik Jadi Ketum Golkar

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia bakal langsung ditetapkan menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar yang baru, pada Selasa (20/8/24) malam.

Hal itu diumumkan Ketua Penyelenggara Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet). Menurutnya, Bahlil akan langsung ditetapkan sebagai Ketum Golkar menimbang cuma ada 1 calon yang diajukan. Pasca penetapan, eks Menteri Investasi itu akan menyampaikan visi misinya menjadi Ketum partai berlambang beringin yang baru.

“Pengumuman bakal calon (balon) langsung ditetapkan penetapan calon ketum. Lalu penyampaian visi misi, sebab calonnya hanya 1, maka semoga malam ini langsung kita bungkus. Mudah-mudahan jika perlu,” kata Bamsoet dalam sambutannya di JCC, Senayan, Jakarta, pada Selasa (20/8/24).

Baca juga:Hasil Rapimnas Tetapkan Munas XI Golkar Digelar Selasa Sore Ini

Bamsoet menyatakan, tidak ada pemilihan Ketum Golkar dalam munas kali ini, pasalnya hanya ada 1 calon tunggal.

Dirinya berharap, penetapan Bahlil sebagai Ketum Golkar bisa secepatnya dituntaskan, sehingga pelantikan dapat dilaksanakan pada esok hari atau Rabu (21/8/24).

“Semoga malam ini dapat kita bungkus semua. Dan besok kita tinggal pelantikan. Jika memungkinkan,” tukasnya.

Baca juga:Malam Ini Bahlil Lahadalia Mendaftar Calon Ketum Golkar

Sesuai jadwal rundown Munas XI, pemilihan Ketum Golkar yang baru sebenarnya baru bakal dilakukan pada Rabu (21/8/24). Akan tetapi karena hanya ada 1 calon, tahapan penetapan dan pelantikan Bahlil akan dipercepat.

Ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum Partai Golkar, Agus Gumiwang, jika Bahlil Lahadalia akan disahkan sebagai orang nomor 1 Golkar, apabila sebagai satu-satunya calon memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam munas 2024.

“Jika 1 orang kader Golkar yang memang disahkan dinilai lolos dari persyaratan atau dianggap memenuhi persyaratan, ya saya kira beliau akan menjadi calon tunggal dan bakal secepatnya tetapkan dalam munas ini,” ungkap Menteri Perindustrian (Menperin) itu. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles