21.9 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Ikut Pilgubsu 2024, Guru Besar UHN: Peluang Menang Edy Rahmayadi Masih Besar

Medan, MISTAR.ID

Edy Rahmayadi yang maju sebagai bakal calon (Bacalon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dari PDIP dinilai bakal sulit menang melawan Bobby Nasution pada Pilkada 2024.

Spekulasi itu muncul di publik karena melihat fakta bahwa Bobby didukung banyak partai besar dalam super koalisinya. Terakhir, PKS ikut bergabung ke koalisi tersebut.

Guru Besar Universitas HKBP Nommensen Medan, sekaligus pengamat politik dan kebijakan publik, Marlan Hutahaean, berpendapat bahwa peluang Edy menang justru masih besar sebagai incumbent.

“Pertama, tentunya sebagai incumbent. Apapun ceritanya, masih punya pengaruh. Kedua, sebagai incumbent, Edy sudah menguasai teritorial, di samping dia pernah juga jadi Pangdam di Sumut. Jadi dengan penguasaan teritorial, kemudian pernah jadi incumbent, dia tentu tahu lah karakter masyarakat Sumut,” katanya kepada mistar.id, Selasa (20/8/24).

Marlan melanjutkan, secara teori, antara partai pengusung calon kepala daerah atau presiden dan suara partai di legislatif tidak selalu berbanding lurus.

Baca juga: Relawan Edy Rahmayadi Resmi Dideklarasikan

“Kadang bisa sangat signifikan perbedaannya. Karena legislatif perseorangan, jadi bisa dipengaruhi beberapa hal, katakanlah karena keluarganya, karena label tertentu, atau karena sesuatu yang lain. Artinya, sebesar apa pun koalisi itu tidak selalu berbanding lurus,” sebutnya.

Selanjutnya, Marlan menjelaskan bahwa bisa saja partai-partai pendukung itu mendukung karena sesuatu. Nanti mesin partainya bisa dilihat, jalan atau tidak. Tapi kalau melihat PDIP, hampir bisa dipastikan akan all-out.

“Jadi suara Pak Edy selama ini ditambah dengan suara kader, basis partai, saya pikir itu bisa menjadi besar. Tinggal nanti bagaimana memilih siapa calon wakil yang tepat,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles