19.2 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

Harga di Atas HPP, Bulog Siantar Tak Maksimal Serap Beras Petani

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Cabang Pematangsiantar yang mencakup wilayah Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Toba, Tapanuli Utara (Taput), Samosir, dan Humbang Hasundutan (Humbahas) kesulitan membeli beras petani karena terkendala harga eceran tertinggi atau harga pembelian pemerintah (HPP).

“Kita bisa menampung beras dari Kabupaten Simalungun, cuma harga beli Bulog sudah diatur pemerintah,” ujar Pemimpin Bulog Cabang Pematang Siantar, Matius, Selasa (13/8/24).

Ia mengatakan, sekarang harga beli bulog di harga Rp 12.348 per kilogram. Sementara beras hasil petani Simalungun di atas itu, yang membuat petani akan lebih milih menjual ke luar Bulog.

Baca Juga : Harga Beras Tak Kunjung Turun, Pengamat : Petani Akan Rugi

“Kita membeli beras petani ketika harganya sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP). Ketika harga tinggi biarkan petani menikmati,” ucapnya.

Jika harga beras petani di atas HET seperti kondisi saat ini, maka Bulog tidak bisa membelinya. Namun bukan berarti Bulog kekurangan stok beras medium yang dijual di bawah harga pasar kepada masyarakat.

“Stok kita aman meskipun kita tidak melakukan pengadaan, karena kita punya beras cadangan,” ucapnya. (abdi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles