24.2 C
New York
Saturday, August 10, 2024

Transisi ke Musim Hujan, Suhu Ekstrem Diperkirakan Tak Terjadi di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu ekstrem seperti awal bulan Juli 2024 kemarin tidak akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Sebab, beberapa minggu belakangan hujan terus turun di sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

“Jadi saat ini suhu udara di perkotaan itu berkisar dari 24-34 derajat Celcius. Suhu ekstrem seperti bulan lalu kita prediksi kecil terjadi lagi karena hujan sudah mulai turun,” ucap Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo saat dikonfirmasi Mistar, Sabtu (10/8/24).

Dikatakan Budi, faktor lain kecil kemungkinan suhu ekstrem terjadi lagi lantaran saat ini sudah mulai masuk masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Baca juga: Musim Hujan Awal Tahun 2024 di Simalungun, 5 Bencana Terjadi

“Untuk kapan waktu tepatnya musim hujan nanti akan dibahas lagi di BMKG Pusat sekitar minggu depan. Karena itu sifatnya Nasional. Namun saat ini sudah masuk masa transisi,” katanya.

Untuk prakiraan cuaca, Budi menyebut bahwa BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan mengguyur sebagian besar wilayah di Sumut sejak dini hari pada Minggu 11 Agustus 2024.

“Untuk titik panas (hotspot) tidak ada kita temukan. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan yang berpotensi terjadinya banjir dan longsor,” tutupnya. (rahmad/hm17)

Previous article

Related Articles

Latest Articles