26.6 C
New York
Friday, August 9, 2024

ICW Bakal Siapkan Rekam Jejak Capim KPK

Jakarta, MISTAR.ID

Rekam jejak calon pemimpin (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan disediakan oleh pihak Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai bentuk partisipasi masyarakat.

“ICW itu nantinya bakal melaksanakan tahapan proses penelusuran rekam jejak terhadap calon kandidat begitu ya,” kata peneliti ICW, Diky Anandya melalui telekonferensi, pada Jumat (9/8/24).

Kata Diky, nantinya rekam jejak tersebut diberikan ke Panitia Seleksi (Pansel) KPK, agar bisa diakses dan dilihat oleh semua masyarakat.

Baca juga:Deretan Nama Capim KPK Lolos Tes Tertulis

Dia juga meminta Pansel KPK menerangkan ke masyarakat, utamanya perihal tidak tersedianya rekam jejak capim KPK.

“Mengapa lalu masukan kami itu tidak dapat diakomodasi sesuai prinsip tadi meaningful participation. Nah, itu yang bakal kami perbuat,” tandasnya.

Ditambahkan Diky, ICW akan membuka kanal pengaduan warga, untuk menampung informasi perihal capim KPK. Dirinya berharap fasilitas ini bisa sebagai masukan bagi Pansel KPK.

Baca juga:Jokowi Targetkan Pansel Capim KPK Tuntas Juni 2024

“Masyarakat dapat menyampaikan informasi terkait dengan 40 nama capim maupun calon dewan pengawas (dewas), yang pastinya kami akan coba untuk mengakomodir begitu ya. Seluruh masukan masyarakat dijadikan bahan untuk disampaikan kepada Pansel KPK,” kata Diky mengakhiri. (mtrtv/hm16)

Related Articles

Latest Articles