26.6 C
New York
Friday, August 9, 2024

Terungkap 3 Kelompok Desak Munaslub Golkar Imbas Manuver Airlangga

Jakarta, MISTAR.ID

Disebutkan ada 3 kelompok yang mendorong digelarnya musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar.

Itu dibeberkan Anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Ridwan Hisjam. Hanya Ridwan enggan mengungkapkan kelompok yang dimaksud, apakah bersumber dari internal atau eksternal partai beringin. Ia juga mengklaim tak terlibat dalam pihak-pihak yang mau dilaksanakan munaslub.

“Saya tak perlu sebutkan, namun ada 3 kelompok yang tengah bekerja (dalam mewujudkan munaslub),” ujar Ridwan, dikutip pada Jumat (9/8/24).

Baca juga:Partai Golkar Rekomendasi 10 Balon Kepala Daerah di Sumut, ini Daftarnya

Dia menyatakan, gejolak itu merupakan hal normal dan lazim dalam partai politik (parpol), termasuk Golkar.

Ridwan menyebut, berkembangnya wacana munaslub adalah dampak manuver Ketua Umum (Ketum) Airlangga Hartarto. Airlangga disebut melobi beberapa pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Partai Golkar supaya menerima sokongan menjadi ketum periode berikutnya. Manuver itu disebut dilakukan Airlangga sejak Juni.

Lanjut Ridwan, manuver Airlangga tersebut menyebabkan iklim di internal Partai Golkar menjadi memanas menyongsong musyawarah nasional (munas). Dijelaskan, DPD Partai Golkar, termasuk ormas Partai Golkar, tak diperbolehkan menyampaikan pernyataan dukungan terhadap siapa pun sebelum ada kepastian jadwal munas dari hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas). Sebab itu, manuver Airlangga yang melobi DPD dan Ormas Partai Golkar dinilai tik tepat karena mencuri star sebelum munas dilangsungkan.

Rumor munaslub mencuat, usai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan mengomentari hal tersebut. Dia mempertanyakan apa kesalahan Airlangga, sehingga ada pihak yang mau menggelar munaslub Golkar.

Baca juga:Golkar Umumkan Paslon Pilkada 2024 Diusung di 10 Provinsi

“Apa yang salah dengan Ketua Umum (Partai Golkar) Airlangga Hartarto? Saya di kabinet sama-sama dengan dia melakukan tugasnya dengan baik. Dan menurut saya, Golkar dalam kepemimpinan dia itu juga menggapai prestasi yang cukup baik. Kita semua harus kompak di Golkar ini,” kata Luhut.

Airlangga menampik isu tentang bakal digelarnya munaslub Partai Golkar. Menurut Menko Perekonomian itu, Partai Golkar akan melangsungkan munas berdasarkan jadwal pada Desember 2024.

“Gak ada, tidak ada (Munaslub). Munas bulan Desember,” paparnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles