19.2 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Dua Bulan Terakhir Kasus DBD Nihil di Tanah Jawa Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Dalam dua bulan terakhir, Puskesmas Tanah Jawa tidak menemukan adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di kecamatan tersebut. Kasus DBD terakhir kali ditemukan di Tanah Jawa pada pekan pertama Mei kemarin.

“Sejak Juni sampai awal Agustus 2024, di Tanah Jawa nihil kasus DBD atau tidak ditemukan pasien positif DBD yang dirawat di Puskesmas,” ungkap Kasubag Kepala Tata Usaha (KTU) Karyawati Kepada Mistar.id Kamis (8/7/24).

Karyawati mengatakan, kasus DBD terakhir yang ditangani Puskesmas Tanah Jawa pada bulan januari dan bulan Mei 2024 lalu. Ketika itu, dua kasus DBD itu ditemukan di Nagori Tanjung pasir dan Muara Mulia.

Baca juga: Kasus DBD Meningkat di Simalungun Dua Bulan Terakhir

“Sampai awal bulan Agustus ini, kita masih nol kasus pasien DBD yang terpantau dari informasi pelayanan di Puskesmas Tanah Jawa, setelah pada kasus terakhir di bulan Mei lalu,” jelasnya.

Meski kasus DBD di Tanah Jawa sudah nol saat ini, namun kesiapsiagaan akan kembalinya DBD tetap dilakukan. Apalagi menghadapi perubahan musim seperti sekarang dan masuknya siklus penyakit endemik DBD.

“Untuk memperkecil resiko munculnya penyakit DBD, masyarakat diminta lebih proaktif menerapkan 3M plus, menjaga kebersihan lingkungan terutama sanitasi dan meningkatkan swadaya pemberantasan sarang nyamuk,” kata Karyawati. (abdi/hm25)

Related Articles

Latest Articles