21.9 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Konflik Meningkat di Timur Tengah, Harga Minya Naik

Inggris, MISTAR.ID

Harga minyak merangkak naik, Rabu (7/8/24) meskipun Brent masih merana di dekat level terendah tujuh bulan, tertekan oleh kekhawatiran atas lemahnya permintaan dan kekhawatiran akan resesi di Amerika Serikat.

Ancaman konflik yang meningkat di Timur Tengah dan membahayakan produksi minyak telah mendukung harga sejak Selasa.

Harga minyak mentah Brent naik 45 sen, atau 0,6%, menjadi $76,93 per barel pada pukul 08.23 GMT. Harga minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 47 sen, juga 0,6%, menjadi $73,67.

Pada hari Senin, harga minyak mentah Brent anjlok ke titik terendah sejak awal Januari dan harga minyak mentah WTI menyentuh titik terendah sejak Februari, karena kemerosotan pasar saham global semakin dalam akibat kekhawatiran akan potensi resesi di AS setelah data pekerjaan yang lemah.

Baca juga: Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Radar Canggih ke Iran

“Apakah pembalikan harga aset berisiko akan terbukti hanya sekadar penentuan harga terendah sebelum aksi jual berlanjut atau investor telah meluangkan waktu untuk menilai secara menyeluruh implikasi jangka menengah dari data pekerjaan AS masih terbuka untuk diperdebatkan,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Mendukung pandangan permintaan yang bearish, data perdagangan Tiongkok menunjukkan bahwa impor minyak mentah harian bulan Juli turun ke level terendah sejak September 2022.

Harga turun di awal sesi perdagangan, menyusul data AS yang menunjukkan peningkatan tak terduga dalam persediaan minyak mentah dan bensin.

Baca juga:Cina: Konflik di Gaza Bisa Meluas ke Wilayah Timur Tengah

Persediaan minyak mentah, bensin, dan sulingan AS naik minggu lalu, menurut sumber pasar yang mengutip angka-angka American Petroleum Institute pada hari Selasa.

Badan Informasi Energi AS akan merilis data inventaris mingguan pada hari Rabu. Namun, kedua harga minyak acuan tersebut mengakhiri penurunan tiga sesi berturut-turut pada hari Selasa, karena ketegangan di Timur Tengah memicu kekhawatiran pasokan.

Timur Tengah bersiap menghadapi kemungkinan gelombang serangan baru oleh Iran dan sekutunya menyusul pembunuhan anggota senior kelompok militan Hamas dan Hizbullah minggu lalu, dengan kekhawatiran bahwa konflik di Gaza berubah menjadi perang Timur Tengah yang lebih luas.

Para pejabat AS telah terus-menerus berhubungan dengan sekutu dan mitra di kawasan tersebut dan ada “konsensus yang jelas” bahwa tidak seorang pun boleh meningkatkan situasi, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken.

“Setiap peningkatan konflik di Timur Tengah dapat menimbulkan risiko lebih besar berupa terganggunya pasokan dari kawasan tersebut,” kata analis ANZ Daniel Hynes.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles