25 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Dibuka Pj Gubsu, Kejurnas APRC Putaran Kedua Tahun 2024 Kembali Digelar di Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara Kejuaraan  Rally tingkat Nasional hingga tingkat Asia-Pasifik.

Kejuaraan balap mobil tersebut berlangsung pada 2-4 Agustus 2024 dan sebanyak 47 perally dipastikan akan menjajal lintasan PT. PP Lonsum, Rambong Sialang Estate Kecamatan Sei Rampah.

Pasalnya Federation Internationale de I’Automobile (FIA) telah menentukan Sumut jadi tuan rumah dua seri Asia Pacific Rally Championship (APRC).

Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan melalui Kabid Kominfo Rini, mengatakan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan di sela-sela seremoni pembukaan Kejuaraan Rally Sumatera Utara di Alun-alun Sergai, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara yang telah mempercayakan Sergai menjadi tuan rumah pelaksanaan rally ini.

Baca juga:Danau Toba APRC 2023, Pj Gubernur Sumut: Bukan Hanya Tentang Kejuaraan

Mengingat kejuaraan rally merupakan jenis olahraga otomotif yang populer dan diminati masyarakat, oleh karenanya masyarakat menyambut dengan antusias event ini yang memiliki daya tarik dan simpatik yang mendalam bagi masyarakat khususnya masyarakat Sergai.

” Kejuaraan rally ini memiliki dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat khususnya bagi masyarakat Sergai.  Kita dapat mengenal komunitas ini lebih luas apalagi tempat penyelenggaraan acara ini dibuka di alun-alun Sergai yang merupakan salah satu bangunan aset terbaru Kabupaten Sergai,” katanya meniru wabup, Sabtu (3/8/24).

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Haris Mustafa Nasution  mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sehingga Sumut kembali menjadi tuan rumah Asia Pasifik Rally Championship 2024.

Baca juga:Satu Seri APRC 2024 dan WRC 2025 Siap Digelar, Danau Toba Sebagai Tuan Rumah

Dikatakannya, untuk menyukseskan penyelenggaraan balap mobil itu pihaknya sudah melakukan persiapan secara matang.

“Jumlah panitia ada lebih kurang 800 terdiri dari kepolisian, TNI dan Karang Taruna. Antusias penonton yang luar biasa di setiap lintasan, jadi kami antisipasi dengan penambahan panitia dan keamanan,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan demi menjaga keselamatan dan kelancaran event balap mobil tersebut, pihaknya sudah melakukan imbauan kepada seluruh masyarakat agar menjadi penonton yang baik.

“Kami membuat imbauan kepada penonton agar menonton dengan baik,agar semuanya terhindar dari kecelakaan dan musibah, selain juga agar peserta tidak mengurangi kecepatan yang bisa merugikan peserta yang berlomba,” tuturnya.

Dengan begitu, dirinya berharap event balap otomotif tersebut bisa berjalan dengan baik. Mengingat event tersebut dipantau langsung oleh FIA, sehingga Indonesia terkhususnya Sumut bisa menjadi tuan rumah World Rally Championship.

“Mudah-mudahan dengan adanya pihak FIA mengawasi, WRC dapat kembali terlaksana di Sumut,” harapnya.

Baca juga:APRC 2023 Sukses, Kapolres Simalungun: Modal Amankan Final APRC November Mendatang

Sementara itu, Penjabat (Pj). Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa mendukung penyelenggaraan event nasional, bahkan Internasional di Sumatera Utara.

Menurutnya, hal tersebut memiliki dampak yang sangat baik untuk Sumatera Utara.

“Pemerintah Provinsi mendukung pelaksanaan event-event Internasional maupun Nasional di Sumut. Kita patut bangga saat ini Sumut menjadi perbincangan di tingkat nasional, khususnya menjadi tuan rumah di banyak even Nasional dan internasional,”  katanya saat membuka Kejuaraan Sumatera Utara Rally 2024.

Turut Hadir Dalam Acara Dewan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah, Perwakilan Forkopimda Sumut, Ketua KONI Sumut, Unsur Forkopimda Sergai, serta undangan lainnya dan para peserta Rally. (damanik/hm17)

Related Articles

Latest Articles