26.7 C
New York
Friday, August 2, 2024

Dokter Spesialis THT: Polip Hidung dapat Sebabkan Obstructive Sleep Apnea

Medan, MISTAR.ID

Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) Rumah Sakit (RS) Mitra Medika Amplas, Muhammad Edy Syahputra memberitahukan penyebab, gejala, hingga resiko paling parah jika menderita polip hidung.

Menurut Edy, polip hidung adalah massa jaringan lunak yang tumbuh di dalam rongga hidung. Bentuknya menyerupai buah anggur dan bertangkai. “Polip hidung bukanlah tumor ganas. Namun dapat membahayakan jika sudah terjadi komplikasi seperti infeksi sinus dan sumbatan jalan napas saat tidur,” ujarnya kepada Mistar, Jumat (2/8/24).

Ketua Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PD Muhammadiyah Kota Medan itu menyebutkan beberapa gejala polip hidung. “Gejalanya hidung tersumbat, pilek-pilek, penciuman berkurang, hingga nyeri wajah dan kepala,” katanya.

Baca Juga : Dokter Spesialis THT Tidak Ada, Pasien Kecewa Berobat di RSUD Sidikalang

Edy mengatakan, penyebabnya adalah alergi, infeksi, atau peningkatan tekanan didalam rongga hidung. Akademisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu menambahkan, bahaya polip hidung dapat mengakibatkan obstructive sleep apnea atau terhentinya nafas saat tidur lantaran dapat menyebabkan kematian.

Dokter RS Bhayangkara TK II ini mengimbau masyarakat agar menghindari penyebab iritasi, debu hingga polusi udara. “Cuci hidung dengan air garam untuk membersihkan rongga hidung dari alergen, zat iritan, dan kuman. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi,” ucapnya.

Dokter Klinik Spesialis UMSU itu juga menyarankan agar masyarakat yang mengalami gejala polip untuk segera berobat. “Sebaiknya segera berobat ke dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penaganan segera,” pungkasnya. (berry/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles