22.8 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Tersangka Teroris di Batu Malang Gunakan Bahan TATP

Jakarta, MISTAR.ID

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menangkap seorang terduga teroris berinisial HOK (19) di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu Malang. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Dirmanto, menyatakan jika tersangka menggunakan bahan peledak TATP (Triaceton Triperoxide).

“Dari hasil penyelidikan, tersangka diketahui berencana melakukan aksi teror bom bunuh diri di tempat ibadah dengan menggunakan bahan peledak jenis TATP,” kata Dirmanto dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/24).

HOK diketahui sebagai simpatisan kelompok teroris Daulah Islamiyah yang berafiliasi dengan ISIS. Selain menangkap HOK, Densus 88 juga mengamankan beberapa orang lainnya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Tiga Orang Terduga Teroris di Jatim

Tim Densus 88 dan Polda Jatim juga melakukan penggeledahan di sebuah rumah kontrakan di kompleks perumahan Bunga Tanjung, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Tim dari Laboratorium Forensik dan Jibom Polda Jatim turut dikerahkan dalam operasi ini.

“Dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa barang bukti yakni 1 botol cairan TATP yang berdaya ledak tinggi, dan enam dirigen berisi cairan kimia. Selain itu juga ditemukan ketapel dan 1 toples berisi Gotri,” tambah Dirmanto, dilansir dari CNN Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri mengamankan HOK di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu Malang. HOK diduga merencanakan aksi teror bom di tempat ibadah, namun berhasil diamankan sebelum melancarkan aksinya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles