25.1 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Begini Kronologi Kecelakaan Mobil Pangulu Terjun ke Danau Toba

Karo, MISTAR.ID

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tragis terjadi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Rabu (31/7/24) sekira pukul 16.00 WIB.

Satu unit mobil Toyota Innova dikemudikan oleh Encon Haloho (57), selaku Pangulu atau Kepala Desa (Kades) Ujung Mariah, Kecamatan Pematang Silima Huta, Kabupaten Simalungun, terjun ke Danau Toba, setelah meluncur dari tebing setinggi 50 meter.

Kasat Lantas Polres Tanah Karo, AKP Rabiah Adawiyah Hasibuan mengungkapkan kronologi kejadian yang memilukan tersebut. Dikatakan, korban berangkat dari kantor Camat Pematang Silimahuta setelah mengikuti rapat persiapan 17 Agustus.

Baca juga:Tim SAR Lanjutkan Pencarian Mobil Pangulu yang Terjun ke Danau Toba Besok

“Korban berangkat pagi hari dan setelah rapat selesai sekira pukul 12.00 WIB, langsung pulang. Dalam perjalanan menuju Desa Sibolangit, mobil korban mengalami kecelakaan di Desa Tongging,” ujar Rabiah, pada Kamis (1/8/24).

Keponakan korban, Anju Siboro, yang mengendarai mobil Mitsubishi L300 beriringan dengan Encon, menyadari kejadian tersebut. Ini setelah tidak melihat mobil korban di jalan yang beriringan.

“Anju berhenti dan melihat ke arah tebing, di mana melihat mobil pamannya terjun masuk ke Danau Toba,” lanjut Rabiah.

Menyikapi kejadian itu, upaya cepat dilakukan oleh pihak kepolisian bersama dengan tim Basarnas dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Mobil Pangulu Ujung Mariah Terjun ke Danau Toba

“Kami langsung bergerak cepat untuk mengevakuasi korban dan mobil dari kedalaman 20 meter di Danau Toba. Jenazah korban berhasil dievakuasi dan saat ini berada di Puskesmas Merek,” papar Rabiah.

Proses evakuasi mobil pada malam kejadian sempat tertunda menunggu pagi. Kamis (1/8/24) pagi, proses evakuasi mobil kembali dilaksanakan dengan peralatan pendukung yang telah disediakan.

“Pagi ini kami kembali berupaya untuk evakuasi mengangkat mobil dari dalam danau,” tambah orang nomor 1 di Sat Lantas Polres Tanah Karo.

Rabiah juga memastikan bahwa situasi arus lalu lintas (lalin) di sekitar tempat kejadian saat ini dalam keadaan aman dan lancar.

Baca juga: Mobil Terjun ke Laut Gegara Bertengkar, Menantu dan Mertua Tewas

“Kami mengerahkan anggota untuk mengatur lalin agar tidak terjadi kemacetan dan memastikan keselamatan pengguna jalan lainnya,” tutupnya. (eva/hm16)

Related Articles

Latest Articles