23.4 C
New York
Tuesday, July 30, 2024

Harga Beras Bergerak Turun di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah harga kebutuhan pokok belakangan ini bergerak melandai di Sumut. Terbaru harga cabai merah dan bawang merah mengalami penurunan dalam sepekan terakhir, sedangkan harga beras bergerak turun, Selasa (30/7/24).

Berdasarakan pengamatan Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin berdasarkan PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis) Sumatera Utara di awal pekan harga cabai merah dan bawang merah ditransaksikan rata-rata Rp32.600/Kg dan Rp28.500/Kg.

Selain itu, harga beras saat ini terpantau bergerak stabil namun kecenderungan turun. Di awal pekan, harga beras di Sumut rata-rata mengalami penurunan Rp50 /Kg dibandingkan perdagangan akhir pekan kemarin.

Baca juga: Tekan Lonjakan Harga Beras, Bulog Lakukan Gerakan Pangan Murah

“Kedepan, musim panen padi di Sumut sudah dimulai pada bulan Agustus. Saat ini, harga beras medium ke premium dijual dengan kisaran rentang Rp14.000 sampai 14.950/Kg nya,” ungkapnya.

Sementara untuk pasokan padi di Sumut akan mengalami peningkatan karena panen padi selanjutnya akan lebih besar dan mendorong sisi pasokan yang ada di Sumut.

“Dan tentu akan berpeluang menekan harga beras nantinya, terlebih tren harga gabah belakangan ini juga mulai menunjukan penurunan,” tambahnya.

Baca juga: Harga Beras di Siantar Terpantau Stabil

Lanjut Gunawan, saat ini HET beras medium dari Bulog untuk wilayah Sumatera Utara berada di harga Rp13.100 per Kg.

Related Articles

Latest Articles