16.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Ungkapan Guru PPPK Sumut yang Baru Dilantik, Senang-Bersyukur

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Utara (Sumut) Abdul Haris Lubis melantik 1.997 guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Senin (29/7/24).

Edi Saputra (44), salah seorang guru PPPK yang baru dilantik mengaku senang. Dia sudah pernah gagal 5 kali mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ujian PPPK sebanyak 2 kali.

“Perasaannya lumayan senang lah karena karena di tahap pertama saya peringkat satu waktu ujian itu,” ujarnya ditemui usai dilantik di halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Medan Jalan STM Nomor 12, Kelurahan Sitirejo II, Medan Amplas.

Guru Pendidikan Agama Islam ini telah mengajar di SMKN 12 Medan selama kurang lebih 7 tahun, dan kini akan menjadi guru PPPK di sekolah yang sama. Ke depan, ia berharap agar guru-guru semakin sejahtera lagi.

Baca Juga : 128 Guru PPPK Cabdis Pendidikan Wilayah VI Resmi Dilantik

Hal yang sama disampaikan Siti Mukminah Sinaga (33) guru honorer di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pegajahan, Serdang Bedagai selama hampir 10 tahun. Siti sangat bersyukur dapat lulus PPPK dan ditempatkan di SMAN 1 Batang Kuis yang merupakan domisili tempat tinggalnya.

Mengingat ramainya pesaing, Siti mengatakan semua berkat doa dan usaha. Ia telah mencoba ujian CPNS sebanyak 3 kali dan ujian PPPK sebanyak 2 kali. “Wah luar biasa ya, karena pesaing banyak. Memang bersyukurlah, berkat doa dan usaha, akhirnya saya lulus gitu,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, penerimaan CPNS dan PPPK yang tidak selalu dibuka setiap tahunnya serta formasi jurusannya yang sedikit membuat ia sulit untuk lulus ujian.

“Seperti jurusan saya, Bimbingan Konseling (BK) kadang-kadang agak sulit untuk banyak formasi dibuka gitu. Alhamdulillah di tahun 2023 ini formasi dibuka banyak hampir 200-an dan bersyukurnya ditambah nilai serdik (sertifikat pendidik) gitu jadi guru seperti saya yang bersertifikasi dapat nilai plus lah untuk tambahan bisa lulus di PPPK ini,” terangnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles