22.6 C
New York
Sunday, July 28, 2024

Pesta Budaya Oang-oang Ditutup, Bupati Pakpak Bharat Titip Pesan ini

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor secara resmi menutup event Pesta Budaya Oang-Oang tahun 2024 yang digelar di Lapangan Kasean Banurea, Salak, Minggu (28/7/24).

Franc Bernhard Tumanggor mengajak segenap masyarakat Pakpak Bharat untuk seia sekata sebagaimana filosofi Pakpak “Sada Kata Dok Perteddung”. Filosofi ini pula yang menjadi tema pertunjukan seni, drama, tari dan music yang ditampilkan dalam acara puncak Pesta Oang-Oang Tahun 2024 ini.

“Tema mrteddung ini digali dari tradisi nenek moyang kita yang menjadi salah satu mata pencaharian suku Pakpak yang bertujuan untuk mencari kayu alim, getah kapur, dan hasilnya kemudian dijual,” terangnya.

Baca juga : Tahun Ini Pesta Oang-Oang Pakpak Bharat Berlangsung Sederhana

Namun dalam mrteddung ini, lanjutnya, ada filosofi penting yang harus dilaksanakan Bersama yakni harus seia sekata atau sering diistilahkan dengan ungkapan “Sada Kata Dok Prteddung Asa Dapet Laba Olih”.

Artinya dalam satu tim dibutuhkan kesepakatan Bersama, sambung Bupati, tujuan Bersama dan mendapat hasil yang sama, dan jika ada yang melanggar maka maka dalam mrteddung ini tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Tentunya implementasi dari filosofi mrteddung ini sangat relevan dengan keadaan kita saat ini dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat yang kita cintai ini, dibutuhkan sada kata dan sada orjok untuk menciptakan harmonisasi antara semua elemen yang ada. Dengan harmonisasi akan menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan dan merata,” jelas Bupati.

Baca juga : Bupati Pakpak Bharat Janji akan Perbaiki Jembatan Hanyut di Desa Malum

Selain Sendratari “mrteddung” acara penutupan Pesta Oang-Oang ini diisi dengan banyak hiburan dan penampilan artis-artis lokal, pengumuman dan penyerahan hadiah berbagai lomba tradisional yang telah diselenggarakan selama dua hari ini, serta penarikan nomor undian persembahan Bank Sumut.

Ribuan masyarakat Pakpak Bharat yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Pakpak Bharat masih memadati area Lapangan Kasean Banurea, Napa Sengkut, Salak sebagai bentuk dukungan mereka bagi pelaksanaan Pesta Budaya Oang-oang ini. (sampang/hm18)

Related Articles

Latest Articles