25.3 C
New York
Friday, August 2, 2024

Mentan Sebut Indonesia Swasembada Pangan Tiga Tahun ke Depan

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia mampu mewujudkan swasembada pangan dalam waktu kurang dari tiga tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di sela menghadiri Festival Pangan Nusantara Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Glora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (28/7/24).

Andi mengaku optimistis lantaran sudah berbagai upaya pemerintah yang terus menggencarkan perluasan areal tanam (PAT) dan solusi cepat pompanisasi sebagai antisipasi kekeringan panjang akibat gelombang panas.

“Insya Allah tidak lebih dari tiga tahun kita akan swasembada (pangan) kembali,” kata Amran.

Baca juga: Tekan Lonjakan Harga Beras, Bulog Lakukan Gerakan Pangan Murah

Persiapan terus dilakukan salah satunya meningkatkan produktivitas nasional dan penambahan alokasi pupuk subsidi dari yang sebelumnya 4,5 juta ton menjadi 9,5 juta ton.

“Kita juga lakukan pembagian benih gratis, penggunaan alsintan serta pemasangan solusi cepat pompanisasi untuk mengairi sawah dengan menyedot air melalui pompa dari sungai yang tidak kering,” terangnya.

Dilakukannya pompanisasi diklaim Mentan merupakan kali pertama dalam sejarah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian.

Tentunya ini sebagai salah satu upaya cepat untuk meningkatkan produksi pertanian nasional. Sebab, pemanfaatan pompa yang termanfaatkan sebanyak 20.559 unit per hari dan lahan sawah terealisasi sekitar 582.528 hektare.

Baca juga: Pemerintah Jadikan Sagu Mempertahankan Pangan Nasional

“Tujuannya adalah memompa sungai yang tidak pernah kering untuk dialirkan ke sawah. Sudah ada hasilnya, bahkan Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah mengunjungi tujuh daerah pompanisasi dan beliau minta agar segera dipercepat karena hasilnya nyata dari yang tanam 1 kali menjadi 3 kali,” katanya.

Related Articles

Latest Articles