25.3 C
New York
Friday, August 2, 2024

Peringati HAN 2024, Integral Visi Perlindungan Anak Jadi Penekanan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Medan berkolaborasi dengan Yayasan Kajian Perlindungan Anak (PKPA) menggelar Festival Kreatifitas anak dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2024, pada Sabtu (27/7/24).

Kreativitas yang dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) ini dihadiri oleh para lembaga perlindungan anak, instansi Pemko Medan, serta forum anak di berbagai kecamatan. Kegiatan itu bertema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas P3AP2KB, Edliati menyampaikan, diadakannya peringatan HAN ini agar menggarisbawahi untuk melindungi anak-anak menjadi generasi yang cerdas.

Baca juga:Hari Anak Nasional, Wali Kota Siantar: Penuhi Haknya

“Memastikan mereka tumbuh dalam lingkungan yang aman, dan hal itu merupakan tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Lanjut Edliati, dalam upaya untuk melindungi anak, menekankan pada subtema kegiatan dinilai penting.

“Ini merupakan bagian integral dari visi untuk melindungi dan memajukan anak-anak kita, yakni anak cerdas berinternet sehat. Caranya dengan memastikan anak-anak memahami, dan mampu mengingatkan mana yang baik dan tidak baik dalam penggunaan teknologi,” jelasnya.

Kemudian pada poin kedua, Edliati bilang, suara anak dalam membangun bangsa sangat dibutuhkan dengan memberikan ruang bagi mereka untuk menyuarakan pendapat dan pandangannya.

Baca juga:Sejarah Hari Anak Nasional

“Dan poin ketiga, Pancasila di hati anak Indonesia dengan memastikan bahwa anak-anak kita memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Dan kemudian anak sebagai pelopor dan pelapor, dengan menekankan pentingnya keberanian untuk memperjuangkan hak-hak mereka,” tukasnya.

Dalam kegiatan itu, Dinas P3AP2KB Kota Medan mengajak para hadirin yang berhadir untuk dapat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik pada anak-anak.

“Dengan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, mendukung dan penuh kasih untuk generasi penerus bangsa,” harap Edliati. (dinda/hm16)

Related Articles

Latest Articles