25.6 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Majukan Usaha Lokal, Pemko Medan Terus Bantu dan Fasilitasi Pelaku UMKM

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (UKM Perindag) terus memberikan pelatihan dan bantuan terhadap pelaku UMKM di Kota Medan.

Adapun hal itu dilakukan selaras dengan keinginan Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang berharap perputaran ekonomi semakin baik, khususnya UMKM lokal bisa naik kelas.

“Sesuai arahan Pak Wali, UMKM masih terus menjadi fokus kita. Saat ini kita juga masih terus memfasilitasi pelaku UMKM, baik itu untuk pelatihan dan pemberian bantuan alat yang ditujukan ke kelompok-kelompok UMKM di Kota Medan,” ucap Kadis UKM Perindag Kota Medan, Benny Iskandar Nasution saat diwawancarai mistar.id, Rabu (24/7/24).

Dijelaskan Benny, bentuk fasilitas yang diberikan pihaknya berupa disediakannya Rumah Kemasan di kawasan PIK Menteng yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM secara gratis.

Baca juga: Pegadaian Dorong UMKM Medan Naik Kelas

“Pelatihan juga rutin kita gelar dengan mengundang pelaku UMKM secara bergiliran dengan bidang yang berbeda-beda. Pengurusan sertifikasi halal produknya juga kita bantu fasilitasi ke Dinas Pariwisata,” jelasnya.

Upaya lainnya, kata Benny, pihaknya juga selalu melibatkan pelaku UMKM lokal di setiap event yang dilakukan Pemko Medan.

“Jadi kalau event-nya itu kita yang gelar, UMKM binaan kita pasti akan dilibatkan. Namun jika OPD lain, terkadang mereka ada binaan UMKM sendiri, sehingga UMKM yang terlibat hanya pilihan mereka. Meski begitu, sebisa mungkin tetap kita upayakan agar UMKM binaan kita tetap dilibatkan,” katanya.

Saat disinggung bagaimana pelaku UMKM untuk mendapat bantuan dari Pemko Medan, Benny mengaku bahwa bantuan yang disediakan hanya alat produksi dan ditujukan untuk kelompok-kelompok.

“Bantuannya tidak bisa perseorangan, harus berkelompok. Misalnya membutuhkan alat untuk pengolahan minuman, nanti akan kita bantu agar bisa dimanfaatkan kelompok tersebut. Syaratnya hanya terdaftar sebagai binaan UMKM Dinas UKM Perindag Kota Medan,” pungkasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles