21.7 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Sat Intel: Belum Ada Potensi Kericuhan Jelang Pilkada Siantar 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Pematangsiantar melalui Satuan Intel terus melakukan pengawasan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kasat Intel Iptu Elga Elite Satria mengatakan, dalam situasi menjelang Pilkada saat ini, kondisi kamtibmas di Kota Pematangsiantar masih terkendali dan kondusif.

Dia mengatakan, tidak ada riak-riak atau gesekan terjadi di tengah-tengah masyarakat, meskipun banyak bakal calon (balon) yang telah melakukan sosialisasi.

Baca juga:Dana Hibah Pilkada Siantar 2024, Pengamanan Lebih Besar Dibanding Pengawasan

“Sampai saat ini kondusif, tidak ada gerakan yang berpotensi memicu kericuhan,” ucapnya, pada Selasa (23/7/24).

Untuk titik-titik rawan dikatakan Elga, belum dapat ditentukan, karena memang belum masuknya tahapan penetapan calon kepala daerah.

Namun, melihat situasi sebelum-sebelumnya, titik yang sering diawasi ataupun dianggap rawan adalah lokasi dari rumah si calon, kemudian lokasi dengan jumlah pemilih besar.

“Biasanya di daerah rumah calon, dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak, itu yang biasa dalam pengawasan kita,” terang Elga.

Baca juga:Anggaran Hibah Pilkada Siantar Tahap II Dicairkan Paling Cepat Juni 2024

Selain rawan kericuhan, di beberapa wilayah Kota Pematangsiantar juga terdapat titik rawan bencana, seperti di Kecamatan Siantar Martoba ada tanah longsor, serta Kecamatan Siantar Barat dan Timur yakni rawan banjir, karena berada di pinggiran Sungai Bah Bolon.

Sementara itu, masyarakat Kota Pematangsiantar berharap, agar situasi kondusif ini bisa berlangsung hingga Pilkada selesai. Di mana perbedaan pendapat jangan menjadi pemecah kedamaian antar warga.

“Harapan kita seperti ini saja, tim satu dan tim yang lain tetap duduk bersama. Selesai pun nanti tetap berteman,” kata Tumbur yang setiap harinya nongkrong di warung kopi Simpang 4 Kota Pematangsiantar. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles