22.9 C
New York
Saturday, July 20, 2024

Jelang PON 2024, Sejumlah Lokasi di Medan akan Dipasang CCTV

Medan, MISTAR ID

Kurang lebih 1 bulan ke depannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan segera berlangsung.

Pemerintah, kepolisian, dan instansi terkait akan melakukan sejumlah persiapan.

Dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana akan memasang Closed-Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di Provinsi Sumut. Hal ini bertujuan nantinya untuk memperlancar pengamanan terselenggaranya acara tersebut.

Baca juga:Jelang Event PON Aceh-Sumut, Korlantas Polri Cek Kesiapan Stadion Utama

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya akan melihat nantinya di mana saja lokasi bakal dipasang CCTV. Namun Aan belum bisa menyebutkan di lokasi mana saja akan dipasang.

“Kita nanti akan melihat ya, yang akan dipasang di area sport center ini,” ujarnya singkat saat mengecek kesiapan Stadion Utama Sumut, pada Jumat (19/7/24) sore.

Disinggung berapa jumlah personel Polri yang akan dikerahkan dalam pengamanan event nasional tersebut, Aan menyebut belum bisa dipastikan.

“Untuk personel masih dinamis, tapi dari Polri sudah beberapa kali rapat untuk persiapan pengamanan PON ini,” ujarnya singkat.

Baca juga:PON Aceh-Sumut 2024, Kemenpora Siapkan Dana Rp 516 M

Sementara itu, terkait penambahan alat yang digunakan personel kepolisian, kata Aan akan ada penambahan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Ya tentu, sesuai dengan kebutuhan di sini dari Polda Sumut juga sudah mengajukan penambahan personel. Kemudian alat peralatan untuk mendukung kegiatan pengamanan di Sumut ini,” terangnya.

Adapun diajukan berupa alat kendaraan, kendaraan taktis, kendaraan praktis, dan teknologi yang akan mendukung operasional pengamanan.

Dari data yang diterima mistar.id dalam rapat koordinasi (rakor) bidang transportasi antara Forum LLAJ dan FIlAJ Kabupaten/Kota terkait dalam rangka penyelenggaraan PON, kendaraan yang diajukan Korlantas Polri untuk roda 2 sebanyak 142 unit dan roda 4 ada 20 unit.

Baca juga:Jelang PON Aceh-Sumut, Kapolda Sumut Gelar Rapat Koordinasi Tingkat Tinggi

Polda Sumut mengajukan kendaraan roda 2 sebanyak 13 unit dan roda 4 ada 16 unit. Polrestabes Medan mengajukan 4 unit roda 2 dan roda 4 sebanyak 5 unit. Lalu Polresta Deli Serdang roda 2 sebanyak 5 unit dan roda 4 ada 4 unit.

Polresta Tanah Karo mengajukan untuk kendaraan roda 42 unit  dan Polres Langkat  4 unit. Sementara Polres Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Serdang Bedagai (Sergai), Samosir, Asahan, Labuhanbatu, dan Tapanuli Utara (Taput) mengajukan masing-masing 2 unit untuk kendaraan roda 4.

Sementara Polres Tapanuli Tengah (Tapteng), Dairi, Mandailing Natal (Madina), Nias, Belawan, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan (Tapsel), Tanjung Balai, Pakpak Bharat dan Batu Bara mengajukan 1 unit kendaraan roda 4. (matius/hm16)

Related Articles

Latest Articles