27.3 C
New York
Friday, July 19, 2024

Bahasa Lampung Sudah Nyaris Punah

Lampung, MISTAR.ID

Ketua Komunitas Berkat Yakin, Alexander GB mengungkapkan kekhawatirannya tentang bahasa Lampung yang terancam punah dalam waktu 36 tahun mendatang.

Alexander menyampaikan bahwa riset yang dilakukan sejak tahun 1994 menunjukkan bahasa Lampung rentan punah karena penuturnya sudah terputus di beberapa generasi.

“Hasil riset dari tahun 1994 menyebutkan jika bahasa Lampung rentan punah karena penuturnya sudah terputus di beberapa generasi. Kalau dihitung-hitung sampai sekarang, mungkin sekitar 36 tahun lagi,” katanya, seperti dilansir dari detik, Jumat (19/7/24).

Baca juga: 11 Bahasa Daerah Punah

Fenomena ini terjadi di Bandar Lampung dan kota-kota lainnya, di mana masyarakat jarang menggunakan bahasa Lampung, baik di tempat publik maupun di rumah.

Alexander juga mengungkapkan keprihatinannya bahwa populasi orang asli Lampung kini menjadi minoritas, hanya sekitar 13,82% dari total populasi yang ada saat ini. Secara rinci, penduduk Lampung saat ini yang berasal dari Pulau Jawa sebesar 65% dan Sumatera Selatan selebihnya.

Riset ini dibenarkan juga oleh Profesor Sosiolinguistik dari Universitas Indonesia, Asim Gunarwan. Berdasarkan dari data Badan Bahasa Kemendikbud tahun 2022 menunjukkan sebanyak 139 bahasa daerah di Indonesia terancam punah, termasuk bahasa Lampung. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles