22.4 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Wanita Lansia Dihipnotis di Jalan, Empat Pelaku Bawa Kabur Rp180 Juta

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Seorang perempuan berinisial DM (65) ditipu orang tak dikenal (OTK) dan harus kehilangan uang berkisar Rp180 juta. Anak korban bernama Salmon mengatakan, penipuan berawal saat orang tuanya sedang berjalan di seputaran Jalan Sutomo, Senin (15/7/24).

Saat bersamaan, tiba-tiba seorang laki-laki tak dikenal bertanya alamat kepada korban, dengan modus mengatakan bahwa dirinya baru pulang dari Singapura, dan ingin menyumbangkan uangnya ke salah satu panti asuhan.

Dalam modusnya, pelaku mengatakan memiliki uang dollar dan berencana menukarkannya ke uang rupiah, agar bisa disumbangkan kepada panti asuhan. Pelaku tak sendiri, ada beberapa orang yang terlibat yakni dua orang laki-laki dan satu wanita. Saat beraksi, ke tiga orang pelaku berlagak tidak kenal.

Tak sadar seperti dihipnotis, korban tiba-tiba mau diajak ke bank oleh para pelaku. Mereka kemudian meminta uang kepada korban, untuk ditukarkan menjadi uang dolar yang katanya ada di dalam mobil.

Baca Juga : Dihipnotis Seorang Pria, Cincin Emas Lansia Lenyap

Tidak berselang lama, korban mengambil depositonya sebesar Rp180 juta dari Bank BNI Jalan Merdeka, yang kemudian mengantar korban pulang ke rumahnya. “Tertipu Rp180 juta, dan modus pelaku uang itu mau dibagikan ke panti asuhan,” ucap Salmon menceritakan kejadian tersebut, Kamis (18/7/24).

Salmon mengatakan, kasus penipuan ini sudah dilaporkannya ke Polres Pematangsiantar dan berharap bisa segera ditindaklanjuti.

Kasatreskrim Polres Pematangsiantar AKP Made Wira saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan detail soal kasus tersebut. Dia menyebut belum mengetahui karena masih tugas di luar kota. “Saya lagi di luar kota, sebentar saya cek yah,” ucapnya. (roland/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles