26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Berbahaya!

Medan, MISTAR.ID

Selama ini cotton bud menjadi alat bantu untuk membersihkan telinga kita. Namun tidak banyak masyarakat yang  mengetahui bahaya menggunakan cotton bud saat membersihkan telinga.

Spesialis telinga hidung tenggorokan (THT), dr Muhammad Edy Syahputra Nasution, mengatakan jika keseringan membersihkan telinga dengan cotton bud maka akan terjadi gangguan pada telinga.

“Gangguan ataupun penyakit pada telinga diantaranya luka pada liang telinga, liang telinga membengkak dan nyeri, atau bahkan gendang telinga bisa bocor, dan mengalami infeksi,” tuturnya kepada Mistar melalui pesan tertulis,  Selasa (16/7/24).

Baca juga: Jaga Kesehatan Telinga dengan Tidak Lakukan 4 Hal Berikut

Edy menjelaskan, telinga secara umum terbagi menjadi 3, yaitu luar, tengah dan dalam. Telinga juga memiliki fungsi ganda,  yaitu untuk mendengar serta  menjaga keseimbangan.

Semakin sering membersihkan telinga dengan cotton bud, kata Edy,  akan mengganggu pendengaran.

“Serumen (kotoran telinga) akan semakin terdorong ke dalam dan semakin memadat. Sehingga dapat mengganggu pendengaran,” ungkapnya.

Selain menggunakan cotton bud yang memiliki resiko fatal. Kita dapat membersihkan telinga dengan handuk yang agak lembab setelah mandi.

Lebih lanjut, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengatakan bahwa pada telinga yang sehat, serumen dapat keluar sendiri.

Baca juga: Redmi Note 12 Pro Manjakan Mata dan Telinga

“Saat terjadi pergerakan rahang seperti, mengunyah makanan atau berbicara, kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya. Sehingga, hanya daun telinga dan bagian luar liang telinga saja yang perlu dibersihkan,” katanya.

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga, sebenarnya tidak disarankan. Mengingat risiko penyakit yang bisa ditimbulkannya.

Edy mengimbau agar menjaga kesehatan telinga sebagai salah satu indera pendengaran.

“Periksakan telinga ke dokter, jika mengalami gejala kotoran telinga yang menyumbat seperti, pendengaran menurun, telinga terasa tersumbat, nyeri telinga, dan telinga mendengung,” pungkasnya. (berry/hm17).

Related Articles

Latest Articles