23.9 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Berbenah Hadapi Dampak Jalan Tol, Pemko Siantar Perbanyak Event

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menghadiri Forum Pertemuan dan Malam Keakraban (Gala Dinner) bersama Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Ruang Serbaguna Pemko.

Salah satu yang dibahas adalah bagaimana memajukan Kota Pematangsiantar dari berbagai aspek, di tengah tantangan yang ada. Seperti jalan tol yang akan dibuka dalam waktu dekat. Salah satu langkah berbenah adalah mengadakan event rutin seperti Siantar Culture Show.

“Info dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, kalau sudah tiga kali penyelenggaraan event Siantar Culture Show, maka akan diusulkan menjadi agenda nasional. Sehingga Kota Pematangsiantar bisa seperti daerah lainnya, yang kegiatannya sudah menjadi agenda nasional,” kata Susanti dalam keterangannya, Sabtu (12/7/2024).
Susanti, Pematangsiantar merupakan kota yang sejuk, indah, harmonis, dan penuh dengan toleransi. Kota Pematangsiantar juga merupakan miniatur Indonesia dengan keragaman suku, budaya, ras, dan agama.

“Keberagaman itu menjadi kekuatan bagi kita untuk terus membangun Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut  yang telah mendukung penuh kegiatan.

“Di mana Kota Pematangsiantar diberi kepercayaan menjadi tuan rumah Forum Diskusi para Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. Kami berharap dan terus berbenah di segala aspek supaya Pematangsiantar tetap menjadi kota destinasi dan bukan hanya menjadi kota transit,” ucapnya.

Baca juga: Aplikasi Perizinan Event Diluncurkan, Upaya Baru Tingkatkan Pelayanan Publik

“Kami juga mengundang para Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Sumut untuk bersama-sama hadir menyaksikan pertunjukan seni dan budaya di Kota Pematangsiantar. Acara puncak Siantar Culture Show yang lebih seru dan meriah dengan berbagai penampilan tari-tarian kebudayaan daerah, band, serta fashion kebudayaan daerah malam nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar, M Hammam Sholeh dalam laporannya menyampaikan kegiatan merupakan kolaborasi dua daerah, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Ia berharap pariwisata di Sumut berkembang ketika semua pihak bisa bersinergi dan berkolaborasi.

Dijelaskannya, dari 33 Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Sumut, hanya tiga yang izin tidak dapat hadir.

“Ada 15 kabupaten/kota yang sudah hadir, dan yang lainnya akan menyusul untuk hadir dalam acara puncak Siantar Culture Show malam ini,” kata Sholeh di sela-sela aktivitasnya di Lapangan Adam Malik. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles