28.2 C
New York
Monday, July 15, 2024

Proses Coklit di Langkat-Pakpak Bharat Rampung, Kendala Terberat di Nisel

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Agus Arifin mendorong KPU kabupaten/kota agar segera menyelesaikan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

Agus menilai hal itu penting dilakukan, agar semua tahapan bisa berjalan lancar serta meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2024 nanti.

“Secara akumulasi keseluruhan, proses Coklit di Sumut sudah mencapai 80 persen. Meski begitu, kita harap agar proses Coklit di kabupaten/kota bisa selesai tepat waktu, yakni 24 Juli 2024,” ucap Agus usai menghadari acara Sosialisasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2024 di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (12/7/24).

Baca Juga : Seluruh Komisioner Monitoring Coklit ke Berbagai Daerah, Kantor KPU Sumut Sepi

Dijelaskan Agus, saat ini proses Coklit yang sudah mencapai 100 persen hanya Kabupaten Langkat dan Kabupaten Pakpak Bharat. “Makanya kita dorong kabupaten/kota lainnya untuk segera menyelesaikan Coklit hingga ke pelosok-pelosok, kalau perlu sebelum batas waktu yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Anggota KPU Sumut Robby Effendi Hutagalung menyebut bahwa sejauh ini daerah yang cukup mengalami kendala dalam proses Coklit adalah Nias Selatan (Nisel).

“Ada di Kecamatan Sibuk, kita terkendala soal jaringan internet saat akan mendownload (agak lamban),” ucapnya. (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles