25.7 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Warga BSP Lubuk Pakam Gelar Peringatan 1 Muharram 1446 Hijriyah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Warga muslim di komplek Perumahan BSP Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang menggelar peringatan 1 Muharram 1446 Hijriyah di Masjid Al Hidayah Komplek perumahan tersebut, Jumat (12/7/24) malam. Kegiatan itu menghadirkan Ustadz H Dwi Andi Lubis LC diawali dengan pembacaan Al Qur’an dan tilawah oleh Rayhan Siregar, serta Nadin Lubis.

Dwi Andi dalam ceramahnya mengingatkan kepada warga kapan dimana pun jangan berbuat dosa. Dalam kalender Islam terdapat bulan yang diagungkan dan dimuliakan, karena setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya.

Diantara 12 bulan dalam setahun, terdapat 4 bulan yang disebut sebagai 4 bulan haram, diantaranya Bulan Muharram, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab. Selain pahala yang dilipatgandakan, perbuatan yang dilarang agama juga sangat dilarang untuk dilakukan melebihi pada bulan-bulan biasa.

“Bulan Muharram adalah bulan mulia dengan anjuran ibadah puasa pada tanggal 10 Muharram (Puasa Asyura). Keutamaan dari anjuran puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa dari setahun sebelumnya,” jelasnya.

Ketua BKM Al Hidayah, Hendra Sembiring diwakili Penasehat BKM Ustad Ahmad Fauzi MSi mengajak warga yang hadir untuk memakmurkan masjid. “Kerja keras untuk memakmurkan masjid kita saat ini semoga mendapat berkah dari Allah SWT,” ucapnya.

Baca Juga : Gebyar 1 Muharram 1445 Hijriah di Batang Kuis, ini Pesan Bupati Deli Serdang

Ahmad Fauzi menambahkan, gelaran semarak Muharram sebagai bagian syiar Islam. Meski dilaksanakan secara sederhana, namun kegiatan 1 Muharam tersebut dihadiri puluhan orang jamaah.

“Saya atas nama pengurus BKM Masjid Al Hidayah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga terlaksananya acara peringatan 1 Muharram di tempat kita ini,” sebutnya.

Tokoh masyarakat, H Sugeng Sugiarto menyampaikan apresiasinya kepada warga muslim BSP yang penuh semangat dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H. “Semoga kita diberikan keselamatan agar tahun depan bisa berkumpul kembali pada Tahun Baru 1 Muharram 1447 H,” tukasnya.

Disebutkannya, setiap tahun warga muslim di komplek BSP selalu menggelar perayaan hari-hari besar Islam, baik Idul Adha maupun 1 Muharram yang diinisiasi BKM Masjid Al Hidayah dan ibu-ibu perwiritan Al Hidayah. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa bersama. (sembiring/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles