27.6 C
New York
Monday, July 15, 2024

Sanggar Ayu Dance Mendunia Melalui Tari

Medan, MISTAR.ID

Sanggar Ayu Dance adalah salah satu dari sedikit sanggar tari yang masih konsisten bertahan di Kota Medan. Di era gempuran zaman digital, sanggar ini mampu menghasilkan segudang prestasi, baik dari tingkat daerah hingga internasional.

Tak hanya tarian, sanggar yang beralamat di Jalan Tuamang No 62, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan ini juga sebagai tempat penyalur bakat bagi anak-anak, seperti bernyanyi, melukis, hingga stand up comedy.

Pemimpin sanggar, Ayu menjelaskan bahwa sanggar ini berdiri pada September tahun 2006. Berangkat dari hobinya menari sejak SD dan suka mengikuti lomba dari kecil.

“Kebetulan saya memang berasal dari keluarga seniman. Turun juga ke anak saya yang suka nari sejak kecil. Saya mulai serius melatihnya dan sering mengikuti lomba kemudian juara. Dari sana, mulai banyak teman-temannya yang tertarik dan ikut belajar, hingga akhirnya saya putuskan untuk membuka sanggar,” ujarnya kepada mistar.id, Jumat (12/7/24).

Baca juga : Wakil Konsul Amerika Serikat: Di Amerika juga Ada Tari Poco Poco

Selain tempat belajar, sanggar ini juga aktif ikut berbagai lomba kesenian, khususnya tari, baik di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional. Tak terhitung jumlah prestasi yang sudah dicapai. Hal itu ditandai dengan banyaknya piala yang tersusun rapi di sana, lebih dari 100 piala.

“Puncak prestasinya pada tahun 2010 ke atas, dari tahun 2010-2015, selalu rutin menjuarai lomba tari di tingkat nasional,” sebutnya.

Kemudian Ayu melanjutkan, pada tahun 2016, mengikuti lomba poco-poco untuk pertama kali di Jakarta. Pada kesempatan itu Sanggar Ayu Dance di kategori remaja hanya masuk nominasi belum mendapat juara.

Related Articles

Latest Articles