33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Jelang Pemilu AS, The Fed Tegaskan Netralitas

Washington, MISTAR.ID

Menjelang pemilihan umum (pemilu) Amerika Serikat (AS) pada 5 November mendatang, Gubernur Federal Reserve (The Fed) AS, Jerome Powell
akan mengambil keputusan berdasarkan data ekonomi dan tidak akan mempertimbangkan faktor politik.

Hal ini dikatakannya pada Rabu (10/7/24) saat menjawab pertanyaan dalam sesi dengar pendapat Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. Ia menegaskan bank sentral akan mengambil keputusan berdasarkan data ekonomi, perkembangan prospek, dan keseimbangan risiko.

“Termasuk pula faktor politik. Kami tidak melihat hal-hal semacam itu. Kami mengamati data,” kata Jerome Powell dilansir Mistar, Jumat (12/7/24).

Baca juga: BI dan The FED Akan Putuskan Bunga Acuan, Pasar Cenderung Melemah

Pertemuan The Fed selanjutnya dijadwalkan digelar pada 30-31 Juli. Para pejabat diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan di level tertinggi dalam 22 tahun, yaitu di kisaran 5,25 persen hingga 5,5 persen, yang telah disetujui pada Juli tahun lalu.

Powell juga mengindikasikan bahwa keputusan The Fed semakin mengarah pada pemangkasan suku bunga, namun diperlukan keyakinan yang lebih besar perihal perkembangan inflasi sebelum mengambil tindakan semacam itu.

“Kami ingin lebih percaya diri, kami ingin memiliki keyakinan yang lebih besar, dan hal itu berarti lebih banyak angka inflasi yang positif bahwa inflasi turun secara berkelanjutan ke angka 2 persen,” urai Powell. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles