18.5 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Percetakan Baliho di Medan Bersiap Menyambut Pilkada Sumut 2024  

Medan, MISTAR.ID

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), aktivitas sejumlah percetakan baliho di Kota Medan ikut bersiap menanti peningkatan pesanan.

Sahara Raya salah satu percetakan beralamat di Jalan Jamin Ginting No 437, Padang Bulan, Kota Medan ini berbagi cerita tentang kondisi bisnis mereka di tengah persiapan kampanye politik.

“Sampai saat ini belum ada peningkatan yang berarti, masih normal-normal saja,” ungkap pemilik percetakan, yang meminta namanya tidak ditulis, pada Sabtu (6/7/24).

Baca juga:Pesanan Baliho Capres-Cawapres Masih Sepi, Pemilik Advertising: Caleg Sisakan Spase untuk Nomor

Meski demikian, pihaknya tetap mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan lonjakan pesanan dalam beberapa bulan ke depan.

Menurutnya, ukuran baliho yang paling banyak dipesan adalah 3 x 1 meter dan 2,5 x 1 meter. “Untuk ukuran besar seperti 4 x 3 meter, jarang dipesan,” jelasnya.

Keberagaman ukuran ini menunjukkan adanya preferensi tertentu dari para calon kepala daerah dalam menampilkan pesan kampanye mereka.

“Kami hanya mengerjakan semampunya. Jika sudah terlalu banyak, kami tidak mau mengambil resiko dengan menerima sebanyak-banyaknya, karena tidak ingin mengecewakan konsumen,” tegasnya.

Baca juga:Pemesanan Baliho, Pemilik Advertising: Menurun Jika Dibanding 5 Tahun Lalu

Dalam hal pembayaran, percetakan ini menawarkan cash payment kepada pelanggan. “Prosesnya, setelah harga disepakati, kami buka bon dan pelanggan harus panjar dahulu. Setelah itu, kami mulai proses desain,” jelasnya.

Biasanya, proses pengerjaan memakan waktu 1-2 hari setelah desain disetujui oleh konsumen.

Pemilik percetakan ini juga menekankan pentingnya akurasi dalam proses desain dan cetak.

“Biasanya kita selalu upayakan sesuai permintaan konsumen sampai desain tersebut di-acc untuk dicetak. Jika terjadi kesalahan cetak, maka itu sepenuhnya tanggung jawab konsumen. Itulah sebabnya saat proses desain, kita berikan dulu hasil desainnya kepada konsumen agar dicek dan ricek sebaik mungkin sebelum dicetak,” ujarnya.

Baca juga:Permintaan Cetak Spanduk di Medan Mulai Meningkat 30 Persen

Dalam menjaga kualitas hasil cetak, percetakan ini menggunakan teknologi mesin termutakhir, dan hanya memakai bahan dari merek yang sudah terbukti kualitasnya.

“Untuk memastikan kualitas, kita hanya menggunakan 1-2 merek bahan untuk dicetak. Karena sudah terbukti kualitasnya, kita tidak mau mencoba-coba merek bahan lain selain dari yang sudah dipakai saat ini,” tuturnya.

Dengan persiapan yang matang dan komitmen untuk memberikan layanan terbaik, percetakan ini siap menghadapi tantangan Pilkada Sumut 2024.

Meski saat ini permintaan masih normal, mereka tetap siap memberikan hasil cetak terbaik untuk mendukung kampanye para calon kepala daerah. (azmie/hm16)

Related Articles

Latest Articles