23.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Gandeng Industri Kreatif Lokal, SMI Festival Digelar Agustus 2024

Samosir, MISTAR.ID

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2014, Samosir Music Internasional Festival (SMI) akan kembali diadakan di Open Air Stage Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Event yang masuk dalam Kharisma Event Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu akan berlangsung selama 3 hari, 9-11 Agustus 2024.

Founder SMI Festival, Henry Manik berdasarkan keterangan tertulisnya, Kamis (20/6/24) mengatakan, SMI Festival bakal digelar dalam 2 area besar. Panggung utama menampilkan para artis ataupun musisi.

“Di panggung utama akan ada penampilan dari para artis/line up SMI selama 2 hari (9 – 10 Agustus 2024). Dan untuk di area plaza akan diadakan lebih lama yaitu full 3 hari (9 – 11 Agustus) yang diisi dengan basar UMKM (kuliner, pameran kerajinan tangan dan lokal, dan lainnya), workshop, talkshow, serta live musik dari panggung kecil,” sebut Henry.

Baca juga: Tim Solu Bolon Langkat Juarai Festival Solu Bolon Samosir

Di tahun ke-7 kali ini, Henry menyebut, SMI menggandeng sebuah partner baru, yaitu Yayasan Kreasi Tenun Nusantara (YKTN). Yayasan baru saja berdiri tahun ini, dengan kesamaan visi adalah mempertahankan dan meningkatkan rasa cinta akan adat dan budaya lokal Indonesia melalui kegiatan industri kreatif.

“YKTN akan membuka pameran dan workshop tenun di area yang tidak jauh dari lokasi SMI, dan juga mengajak pihak pemerintah setempat dan sekolah-sekolah di sekitar Tuktuk untuk mengikuti kegiatan Yayasan selama 3 hari, serta melakukan peresmian di acara SMI nanti,” terang Henry.

Sejak pertama digelar, Henry menjelaskan, SMI Festival tidak diterapkan sistem tiket. Namun pada 2023 lalu, pihaknya terpaksa memungut pembiayaan untuk menunjang kualitas dalam berkarya. Begitupun kali ini juga akan diterapkan ticketing bagi pengunjung.

“Tetapi untuk harga tarif masuk tiket masih dalam tahap diskusi di internal tim SMI,” sambungnya.

Baca juga: Festival Tari 2024, Dorong Anak Muda Peka Berkreativitas Melestarikan Budaya

Henry bersama timnya mengaku telah melakukan berbagai persiapan agar tetap menjadikan SMI Festival sebagai event terbaik di Sumatera Utara. Mulai dari pencarian dukungan, persiapan penampil dan penjaringan musisi baik dari luar maupun dalam negeri.

“SMI melakukan penjaringan para musisi/artis baik itu dari dalam negeri seperti Tigor Sihombing xfactor, Osen Hutasoit dan yang lain,” ujarnya.

“Sedangkan dari luar negeri, akan mendatangkan artis dari Belanda dan juga Malaysia. Besar harapan akan lebih banyak lagi performer dari dalam maupun luar yang dapat berperan serta meramaikan kegiatan ini,” katanya menambahkan. (gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles