19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Belum Ada Tersangka Baru dalam Kasus Kecurangan Seleksi PPPK di Madina

Medan, MISTAR.ID

Kisruh dugaan korupsi dan kecurangan dalam tahapan seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Mandaling Natal (Madina) masih terus bergulir.

Teranyar, pada 26 Maret 2024 lalu Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis ditetapkan sebagai tersangka. Selain Erwin, sebelumnya sejumlah pejabat di wilayah Pemkab Madina juga ditetapkan sebagai tersangka.

Sebut saja Kadisdik Madina Dollar Hafrianto Siregar, Kepala BKD inisial AHN, Kasi Dikdas Inisial HS, Bendahara Disdik berinisial SD, Kasubag Umum Inisial ISB dan Kasi Dik PaUd berinisial DM.

Dalam kasus ini, Bupati Madina Jafar Sukhairi Nasution serta Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution dan Sekda Madina Alamulhaq Daulay turut diperiksa penyidik Ditkrimsus Polda Sumut pada awal Januari 2024 lalu dengan status sebagai saksi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi mengaku belum ada tersangka baru dalam kasus tersebut. Ditanya terkait status Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Pemkab Madina dalam kasus itu, Hadi enggan memberikan penegasan.

“Sejauh ini hanya itu (Ketua DPRD Madina -red),” ujar Hadi, Rabu (19/6/24) pagi.

Baca Juga : Kasus Suap PPPK, 4 Pejabat Disdik Madina Masuk Sel

Hadi mengatakan, saksi merupakan seseorang yang mempunyai informasi dengan sukarela atau terpaksa memberikan alat bukti kesaksian dalam perkara pidana. Lanjut Hadi, kesaksian itu mengenai suatu kejahatan dan kejadian melalui penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan baik lisan maupun tulisan.

Ditegaskan dia, kesaksian juga dapat menolong memastikan pertimbangan-pertimbangan penting dalam suatu kejahatan atau kejadian. Ditanya kembali apakah ketiganya hingga kini masih berstatus sebagai saksi dalam perkara tersebut, Hadi enggan menjawab.

Dia hanya meminta untuk membaca kembali terkait penjelasan apa yang disebut saksi dalam perkara pidana. Sebelumnya, penyidik Ditkrimsus Polda Sumut menetapkan Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, sebagai tersangka dalam kasus seleksi PPPK di Kabupaten Madina. Usai ditetapkan sebagai tersangka, Erwin tidak ditahan oleh penyidik dengan dalih pertimbangan penyidik kepolisian. (matius/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles