18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Apa Makna Pertemuan Vladimir Putin dan Kim Jong Un?

Pyongyang, MISTAR.ID

Presiden Rusia Vladimir Putin berkunjung ke Korea Utara (Korut) untuk menemui Kim Jong Un, Selasa (18/6/24). Kunjungan ini adalah yang pertama bagi Presiden Rusia dalam 24 tahun terakhir, menandakan pertemuan kedua kepala negara memiliki makna penting di tengah situasi geopolitik yang cepat berubah.

Mengutip AFP Selasa siang, sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 2022, Moskow menjadi semakin terisolasi dan mencari teman. Tahun lalu saja Kim melakukan perjalanan luar negeri yang jarang dilakukan dengan kereta antipeluru untuk bertemu Putin di pelabuhan antariksa Rusia.

Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Ukraina mengklaim Korea Utara mengirimkan senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina, melanggar serangkaian sanksi PBB.

Bahkan, Korut disebut-sebut menerima imbalan bantuan teknis untuk program satelitnya. Tapi Korea Utara membantah hal ini, dan menyebut klaim tersebut ‘tidak masuk akal’.

Baca Juga : Langka, Dua Putri Vladimir Putin Muncul ke Publik

Kim juga telah meningkatkan pengujian senjata, termasuk serangkaian peluncuran rudal jelajah tahun ini, yang menurut para analis dapat dipasok Korea Utara ke Rusia untuk digunakan di Ukraina.

“Selama Perang Dingin, Korea Utara selalu dalam posisi untuk meminta bantuan militer dan ekonomi dari Rusia,” kata Cheong Seong-chang, dari Sejong Institute yang berbasis di Seoul, kepada AFP.

Cheong juga menyatakan kerja sama antar kedua negara itu untuk pertama kalinya adalah ‘masa bulan madu’ bagi mereka.

Bagi Kim, kunjungan Putin adalah sebuah kemenangan, demikian pendapat Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul. Pertemuan dengan Putin akan meningkatkan status Korea Utara secara internasional dan meningkatkan legitimasi Kim di dalam negeri.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles