19 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Bursa Asia Berada di Zona Hijau, IHSG Berpeluang Lebih Baik

Medan, MISTAR.ID

Indeks bursa di Amerika Serikat (AS) dan mayoritas bursa pada perdagangan pagi ini, Kamis (6/6/24), ditransaksikan di zona hijau. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi ini juga dibuka menguat di level 6.992.

“Berkaca pada kinerja bursa di Asia, IHSG memiliki kesempatan untuk menguat hingga sesi penutupan perdagangan nantinya. Jika merunut pada kebiasaan IHSG yang kerap berkinerja melampaui capaian bursa di Asia, maka IHSG berpeluang untuk menguat lebih tinggi dibandingkan bursa asia lainnya. IHSG berpeluang untuk bergerak di zona hijau dalam rentang 6.980 hingga 7.170,” kata Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (6/6/24).

Di sisi lain, mata uang Rupiah ditransaksikan melemah tipis di level 16.285 per US Dollar. Rupiah yang masih mengalami tekanan berpeluang menjadi beban bagi IHSG.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Menguat di Awal Pekan

“Sejauh ini, Rupiah belum mampu keluar dari tekanan meskipun imbal hasil US Treasury AS kembali mengalami penurunan. Data ISM Services PMI (Indeks Manajer Pembelian) AS mengalami kenaikan lebih tinggi dari ekspektasi yakni Data ISM Services PMI pada bulan Mei naik menjadi 53,4 lebih tinggi dari realisasi bulan sebelumnya yang masih terkontraksi di level 49,4. Data ISM Services AS yang membaik ini memang memberikan indikasi bahwa pemangkasan bunga acuan kian memudar,” jelas Gunawan.

Sementara itu, hari ini pelaku pasar masih menanti rilis data ketenagakerjaan AS yang akan menjadi penggerak pasar selanjutnya. Jika data ketenagakerjaan membaik, maka data tersebut akan menjadi kabar yang kian membuat ekspektasi pemangkasan bunga acuan terus memudar.

“Sementara itu harga emas dunia hari ini ditransaksikan menguat di level $2.367 per ons troy,” pungkasnya. (anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles