18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Pemkab Labusel Segera Anggarkan Dana Rp100 Juta untuk FLLAJ

Labusel, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) akan segera mengusulkan anggaran untuk Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ).

Hal itu diungkapkan Sekda H Heri Wahyudi M seusai mengikuti rapat bersama Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi secara daring di Aula Mapolres Labusel. Kamis (30/5/24).

“Jadi kita dari Pemkab Labusel melalui Dinas Perhubungan untuk segera menganggarkan dan mengusulkan untuk dana FLLAJ ini kita tampung nanti di Perubahan Anggaran. Untuk di awal nanti kita berikan Rp100 juta,” kata Heri.

Sebelumnya, Sekda Heri Wahyudi menandatangani kesepakatan FLLAJ disaksikan Kapolres Labusel, AKBP Maringan Simanjutak.

Penandatangan dilaksanakan secara serentak bersama 5 Polres lainnya yang belum memiliki draft, yakni Polres Langkat, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Nias Selatan. Satu Polres, yaitu Serdang Bedagai, melaksanakan pembaharuan Surat Keputusan (Skep).

Baca juga: Oknum Polisi Diduga Aniaya Pengemudi Becak di Medan, Pengamat: Kasus ini Harus Jadi Perhatian Kapolri

Kapolda Sumut dalam arahannya mengatakan, forum ini merupakan tanggung jawab bersama, tak hanya oleh kepolisian, tetapi masing-masing pemerintah daerah.

Agung mengatakan, FLLAJ bertujuan mendukung pembangunan. Forum lalu lintas ini sangat penting dan menjadi indikator bagi masyarakat dalam berkendara dengan baik.

“Untuk pertama kita bisa menata, moda transportasi menjadi sangat penting dan tertuang dalam peraturan pemerintah, dan untuk mewujudkannya pemerintah harus aktif,” katanya.

FLLAJ diharapkan bisa menjadi jalur komunikasi antar stakeholder dan ini sudah mulai berjalan. Harapannya lalu lintas di Sumut ini dapat tertata dengan baik dan lancar.

“Dari data laka lantas, Sumut masih tertinggi dan setiap rumah pasti ada korban kecelakaan lalu lintas. Forum ini diharapkan juga dimasukkan juga dalam Musrenbang untuk menyiapkan ekosistem yang baik dan Kapolres dapat mendorong masyarakatnya untuk menyelesaikan kewajiban pemili kenderaan seperti pajak kenderaan bermotor,” tegasnya.

Baca juga: Ekonomi Sumut Masih Terjaga, Triwulan I Pertumbuhan 4,88 Persen

“Dalam mengelola moda transportasi jalan agar turut serta melibatkan Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP, peran serta Bupati dan Walikota sangat diperlukan dalam hal ini. Ucapan terima kasih kepada Kepala Daerah yang sudah memperhatikan moda transportasi didaerahnya,” sambung jenderal bintang dua itu.

Selesai mengikuti acara penandatanganan SK FLLAJ tersebut, Sekda Heri Wahyudi menyampaikan, bahwa forum FLLAJ ini sudah terbentuk di Labusel, Sekda meminta harus ada action dan eksekusinya. (oel/hm22)

Related Articles

Latest Articles