19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

4 Komoditi Unggulan Pakpak Bharat Segera Disertifikasi

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor membicarakan sertifikasi beberapa produk unggulan berupa Durian, Nilam, Gambir dan Kemenyan bersama Badan Karantina Indonesia, Sahat Manaor Panggabean di Kantor Badan Karantina Indonesia, Jakarta, Senin (13/5/24).

Franc Bernhard Tumanggor berharap komoditas asli Pakpak Bharat yang memiliki nilai tinggi bisa terjaga dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat khususnya para petani.

“Dengan telah tersertifikasinya produk-produk kita, tentu akan membawa keuntungan tersendiri bagi kita, lebih mudah dipasarkan dan tentu akan banyak diminati,” ucap Bupati.

Baca Juga : Bupati Pakpak Bharat Janji akan Perbaiki Jembatan Hanyut di Desa Malum

Sementara itu, Kapala Badan Karantina Indonesia Sahat Manaor Panggabean menjelaskan, tahun ini semua komoditi di Pakpak Bharat (gambir, kemenyan, nilam, durian, dll) akan disertifikasi oleh pihaknya.

“Sekarang ini sudah mulai dilakukan proses registrasi seluruh petani durian, gambir, nilam, kemenyan, dan lainnya. Ada berapa lokasi dimana dan petaninya siapa, sudah mulai kita kumpulkan data-datanya,” jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa project Ini akan menjadi project Nasional antara Pemerintah Kabupayen Pakpak Bharat dengan Badan Karantina Indonesia. (sampang/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles