18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

IKA FEB USU Bagikan Tips Upgrade CV dan Teknik Interview ke BUMN

Medan, MISTAR.ID

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar pelatihan precise strategy for Job applicant (strategi yang tepat untuk pelamar kerja) melalui pembuatan Curriculum Vitae (CV) dan Teknik Wawancara (Interview) yang benar saat melamar ke BUMN.

Pelatihan ini dipaparkan oleh Assistant vice president Talent Acquisition Bank Mandiri, Ade Marina Dwitasari di Lake Toba Hall-Menara Mandiri -Lantai 5, Jalan Pulau Pinang No 1 Medan, Sabtu (4/5/24) dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan alumni di berbagai kampus di Medan.

Lebih lanjut, Ia memberikan gambaran CV yang sering dipakai untuk melamar kerja

“Ada 3 opsi CV yang sering digunakan yang pertama desainnya yang menonjol, kedua lebih memfokuskan pada foto dan yang ketiga hanya tulisan tanpa foto,” katanya.

Baca juga: Begini Cek Pengumuman Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN

Ia menjabarkan bentuk CV yang benar jika ingin melamar ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Point pertama yang harus dimiliki dalam CV itu meyakinkan perusahaan untuk mewawancarai kamu, kemudian menonjolkan aset terpenting dan membedakan diri dari kandidat lain, lalu menampilkan impresi secara singkat (kurang dari 30 detik), memberikan pendidikan, informasi dan pengalamanmu, menunjukkan kecocokan dan kemampuan kamu dengan posisi yang dituju,” jelasnya.

Selanjutnya, informasi dasar juga harus ditulis sesuai dengan desainnya.

“Nama berada di kiri atau tengah atas halaman, kemudian ada email pribadi, nomor handphone dan alamat domisili, email profesional (jika ada) dan portofolio seperti website,” tambahnya.

Baca juga: Pemkab Pakpak Bharat Salurkan Bantuan Keuangan Bagi Pekerja Migran ke Jepang

Pada bagian pendidikan dan pengalaman, Ade menjelaskan terdapat 6 poin yang harus dituliskan.

“Nah pada bagian ini, isi dengan pendidikan terakhir yang meliputi ekspektasi kelulusan, jurusan, judul tugas akhir/skripsi. Selanjutnya penghargaan akademis lalu aktivitas kurikuler dan pelajaran yang relevan, skor IPK beserta skala, tulis prestasi dan prestasi di urutkan dengan urutan kronologis dari yang terbaru,” paparnya.

Sedangkan pada bagian pengalaman/organisasi melingkupi penggunaan kata kerja di dalamnya.

“Selanjutnya kuantifikasi dampak dari pekerjaan kamu, sesuaikan dengan lowongan yang kamu lamar dan kamu bisa memiliki lebih dari 1 resume diri,” tutupnya (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles