19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

145 Calon Lulus Rikmin Penerimaan Bintara Gelombang II Polres Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Sebanyak 146 orang peserta dinyatakan layak sesuai hasil pemeriksaan administrasi (rikmin) untuk tahapan berikutnya.

Ini berdasarkan hasil verifikasi penerimaan yang dilakukan Panitia Pembantu Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran (TA) 2024 Polres Serdang Bedagai (Sergai) dan tim terpadu dari seluruh Satuan Fungsi Polres bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut dan Kabupaten Sergai yang telah bekerja sejak dimulainya pendaftaran penerimaan hingga berakhirnya waktu pendaftaran, pada Kamis (25/4/24) sekira pukul 17.00 WIB.

Hal ini dikatakan Sekretaris Panitia, Kompol SP Anak Ampun yang juga Kabag SDM di Aula Patria Tama Polres Sergai dalam sidang penetapan hasil rikmin, pada Kamis (25/4/24) malam.

Baca juga:Polri Buka Penerimaan Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama

Sidang penetapan dipimpin Ketua Panitia Pembantu Penerimaan Bintara Polri, AKBP Oxy Yudha Pratesta diwakili Wakil Ketua, Kompol Damos Christian Aritonang yang juga Wakapolres Sergai.

Dalam kesempatan itu, Wakapolres menyaksikan langsung beserta panitia terpadu dan pengawas  eksternal melakukan verifikasi ulang terhadap peserta/pelaku mar sebanyak 20 an peserta yang diragukan hasil sebelumnya. Ternyata, hasilnya sudah sesuai dengan pemeriksaan sebelumnya.

“Seharusnya sejak sore kita sudah melakukan sidang penetapan rikmin kepada peserta yang akan maju ke seleksi rikkes (pemeriksaan kesehatan) di Rumkit Brimob, Jalan Bhayangkara, Kota Medan, pada Jumat (26/4/24),” ungkap Aritonang.

Tetapi karena masih ada peserta yang terlambat hadir dan mundurnya waktu penutupan pendaftaran, maka hingga malam baru dilaksanakan.

Baca juga:Polri Memanggil Penyandang Disabilitas Jadi Calon Bintara Hingga Perwira

“Ini adalah langkah awal untuk meneruskan cita-cita tujuan hidup kalian, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan menerapkan disiplin dan tepat waktu. Walaupun kami bukan penduduk Sergai, tetapi saat ini tugas kami adalah menjaga dan membawa nama Kabupaten Sergai ke arah lebih baik. Untuk ini kami berharap agar kalian mampu membawa nama baik Polres Sergai, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini dan orang tua kalian. Jaga sikap dan perbuatan,disiplin dengan waktu dan tindakan dan kami bangga dengan kalian semoga kalian sukses,” kata Wakapolres.

Hasil akhir rikmin yang ditetapkan oleh panitia, dari 146 peserta yang dinyatakan layak maju ke seleksi berikutnya sebanyak 145 pelamar.

“Satu pelamar dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat), karena tidak mampu menunjukkan ijazah SD yang asli hingga akhir waktu penutupan pendaftaran,” paparnya.

Sementara Anak Ampun menjelaskan, rapat penetapan hasil rikmin penerimaan diikuti Bintara PTU pria 119 orang dan wanita (Polwan) 21 orang, Bintara Bakomsus Kehumasan/TI sebanyak 4 peserta pria dan 1 orang pria jurusan Bakomsus Tenaga Kesehatan.

Baca juga:Jelang Seleksi Bintara dan Taruna Polri, Kapolres Nias Minta Warga Tidak Percaya Calo

“Untuk jurusan Bakomsus Pariwisata, Hukum, Psikologi dan Rekpro tidak ada peserta yang mendaftar atau melamar,” tandasnya.

Sebelum memberikan nomor ujian rikkes, Wakapolres mengingatkan kembali kepada calon peserta untuk berhati-hati dalam berkendaraan di jalan, dan mengingatkan kembali untuk disiplin waktu guna menghadapi seleksi berikutnya. (damanik/hm16)

Related Articles

Latest Articles