19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Thailand Tersingkir, Irak dan Arab Saudi Melaju Ke 8 Besar Piala Asia U-23

Jakarta, MISTAR.ID

Thailand harus tersingkir dari Piala Asia U-23 2024 setelah dikalahkan 0-1 oleh Tajikistan di pertandingan penutup grup C.

Sedangkan Irak melangkah ke perempat final menjadi juara grup usai mengalahkan Arab Saudi 2-1.

Berlaga di Stadion Al Janoub, pada Senin (22/4/24), kesempatan hadir bagi Tajikistan di menit ke-14, hanya sepakan Abdullo Sharipov melebar ke sisi kiri gawang.

Baca juga:Daftar Tim Tembus Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Sharipov kembali menerima peluang mencetak gol pada menit ke-22, cuma sundulannya juga terlalu tinggi. Berselang 6 menit, tembakan jarak jauh Amadoni Kamolov berhasil ditepis kiper Thailand, Thirawooth Sruanson.

Mehron Madaminov juga menerima peluang di kotak penalti Thailand pada menit ke-37, tetapi tembakan kaki kanannya juga dihalau Sruanson. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Babak kedua, Thailand melakukan beberapa rotasi demi menambah kualitas permainan. Erawan Garnier nyaris mencetak gol di menit ke-48, hanya tembakan jarak jauhnya ditepis kiper Tajikistan, Safarmad Gafforov.

Ketika laga memasuki injury time babak kedua, Tajikistan sukses mencetak gol. Umpan silang Kamolov dari sisi kiri berhasil disambut Manuchehr Safarov dengan sundulan yang tak mampu ditepis Sruanson. Skor 1-0 bertahan hingga laga selesai.

Baca juga:Piala Asia U-23: Indonesia Bantai Yordania 4-1

Secara bersamaan, Arab Saudi dikalahkan Irak dalam pertandingan yang digelar di Khalifa International Stadium. Irak memimpin lebih dulu melalui penalti Ali Jasim di menit 45+1. Tetapi Arab Saudi menyamakan skor juga via penalti Ahmed Al Ghamdi sebelum turun minum.

Memasuki babak kedua, gol Mustafa Saadoun di menit ke-63 membawa Irak kembali unggul 2-1 dan bertahan hingga selesai. Irak pun lolos menjadi jawara grup C dengan 6 poin, unggul head-to-head dari Arab Saudi yang mempunyai poin sama dan harus puas di peringkat kedua.

Sementara Tajikistan finis di posisi ketiga dengan 3 poin. Mereka juga unggul head-to-head terhadap Thailand yang cuma mengumpulkan 3 poin dan harus angkat koper menjadi juru kunci. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles