19.6 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri 1445 H Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Ratusan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah melaksanakan salat Idul Fitri 1445 H di Rumah Ibadah Suluk Darusshofa Ahlittaqwa, Jalan Kongsi, Gang Leman Harahap, Desa Marindal, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (9/4/24).

Sejak pukul 07.00 WIB, para jemaah baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa mulai meramaikan tempat ibadah. Lantunan takbir saut menyaut terdengar di lokasi rumah ibadah ini.

Tepat pukul 07.45 WIB, salat Idul Fitri pun dilaksakan yang diikuti jemaaah. Setelah selesai, para jemaah pun fokus mendengarkan khotbah.

Baca Juga : Tareqat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah Tetapkan Idul Adha 8 Juli

Tuan M Tholib Harahap yang bertindak sebagai imam dan khatib dalam khotbahnya mengajak para jemaah untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa taala.

“Orang yang paling mulia di sisi Allah bukanlah orang yang paling ganteng, cantik, atau pakaian mewah yang dipakai, akan tetapi yang dipandang oleh Allah itu adalah bagaimana ketakwaan kita kepada Allah,” ucapnya.

Baca Juga : Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Adha 2 Hari Lebih Awal

Kemudian, ia pun menyampaikan tentang pentingnya bersedekah dan zakat. Dikatakannya, setiap harta yang dimiliki hanyalah bersifat sementara dan kelak harta tersebut tidak akan dibawa mati.

“Bagi orang-orang yang bertakwa menyadari bahwa harta-harta yang dimiliki bukanlah bersifat abadi, melainkan harta-harta yang dimiliki tersebut hanyalah titipan dari Allah,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan salat Idul Fitri dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah tidak serempak dengan penetapan pemerintah. Hal tersebut dikarenakan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah mempunyai perhitungan sendiri dalam menentukan 1 Ramadhan dan 1 Syawal. (deddy/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles