23.8 C
New York
Friday, July 26, 2024

Diberitakan Soal Politik Praktis, Kepsek SMAN 1 Sinehi Dairi Koar-koar di Grup WA

Dairi, MISTAR.ID

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Sinehi Dairi berinisial SYS berang, menanggapi pemberitaan tentang dirinya yang diduga melakukan politk praktis karena mengenakan baju salah satu partai politik (parpol). Bukannya menyampaikan hak klarifikasi/hak jawab melalui jalur yang ada, dia malah koar-koar di grup WhatsApp (WA) ‘Dairiku Kekelengenku’.

Dalam grup WhatsApp itu dilihat, Selasa (5/3/24), HYS melontarkan kalimat-kalimat umpatan kepada wartawan salah satu media online yang memberitakan dugaan politik praktis yang dilakukannya.

“Tunjukkan suratnya, jangan asal buat berita. Dan masyarakat yang buat laporan. Jangan enak aja kau buat berita!” tulisnya.

Kemudian, dia juga seakan menantang wartawan untuk membuat berita lainnya dan mengingatkan wartawan untuk mempelajari kode etik. “Sebenarnya saya punya momen mengadukan, karena ada sisi tidak tepat” lanjutnya.

Baca Juga : Politik Praktis, Kepala SMAN 1 Sinehi Dairi Dilaporkan ke Disdik dan Inspektorat Sumut

Sekadar informasi, oknum Kepala SMAN 1 Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi berinisial HYS yang diduga terlibat politik praktis dengan mengenakan baju partai politik segera dilaporkan ke Disdik dan Inspektorat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hal itu berdasarkan klarifikasi atas sesuai surat resmi dengan nomor 421.3/0311/IV-2/11/2024.

“Yang bersangkutan semalam sudah menghadap. Klarifikasi yang kita lakukan sesuai kronologis yang diterangkan HYS, hasilnya segera kita laporkan ke Disdik dan Inspektorat untuk ditindaklanjuti. Kronologisnya diduga melanggar undang-undang ASN. Untuk sanksinya, itu wewenang Disdik dan Indpektorat. Tapi prosesnya sedang berjalan,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Disdik Sumut Salman, Selasa (5/3/24).

Sebelumnya diberitakan sejumlah media online dan media cetak, terbitan Sumatera Utara, seorang kepala sekolah sedang memakai baju PDIP, viral di media sosial seperti di grup WhatSapp. Hal itu dibenarkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) Provinsi Sumatera Utara, Salman. Ia pun mengaku kaget setelah mengetahui tindakan PNS tersebut.

“Bah..! Berani dan garang sekali ya!! ” kata Salman ketika dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Rabu (28/2/24) lalu.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles