19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Situasi di Korsel, Setahun Angka Bunuh Diri Mencapai 13 Ribu Orang

Seoul, MISTAR.ID
Sepanjang tahun 2022, angka bunuh diri di Korea Selatan (Korsel) mencapai 13 ribu orang. Jumlah ini menjadi tertinggi dibandingkan dengan semua negara-negara maju. 
Sementara penyebab bunuh diri erat kaitannya dengan kualitas hidup individu. Persentase ini dilaporkan Yonhap News, mengacu dari data badan statistik Korea (Statistics Korea).
“Angka bunuh diri cenderung meningkat seiring dengan perubahan atau ketidakstabilan sosial yang drastis sehingga mewakili ciri struktural masyarakat dan kesatuan sosial,” kata Statistics Korea dalam laporannya.

Korsel juga mencatat angka bunuh diri yang dilakukan laki-laki lebih tinggi daripada perempuan. Masalah lain yang dihadapi Korsel adalah akhir-akhir ada penurunan jumlah kelahiran baru.

Baca juga: Dampak Kebijakan Pemerintah Korsel, Ribuan Dokter Magang Mogok Kerja

Pemerintah Korsel sendiri telah membuat kebijakan untuk mengeluarkan dana sekitar 200 miliar dolar AS (sekitar Rp3.123 triliun) selama 16 tahun terakhir guna mendorong pertumbuhan penduduk.

Forum Ekonomi Dunia pun telah memperingatkan, jika angka kelahiran masih tetap rendah dan terus berlanjut, maka populasi manusia di Korsel akan berkurang setengah dari angka kelahiran saat ini dan juga pada akhir abad ini.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada tahun lalu  sudah memperingatkan bahwa “waktunya hampir habis” dan mendesak pihak berwenang agar bekerja keras menangani masalah rendahnya angka kelahiran. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles