24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Dukung Mandatori Halal, Dewan Minta Pemko Medan Lakukan Sosialisasi secara Masif

Medan, MISTAR.ID

Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan, Surianto mendukung kebijakan Pemerintah Pusat yang akan menerapkan mandatori halal untuk setiap produk makanan di Indonesia, khususnya Kota Medan.

Sebab, kebijakan tersebut tentu akan semakin mempermudah masyarakat untuk membeli makanan maupun minuman jika bepergian ke suatu daerah yang tidak diketahu.

“Terkadang kita sering bepergian ke luar kota ataupun Provinsi yang daerahnya tidak kita kenal. Dengan adanya sertifikat halal, tentu kita tidak bertanya-tanya jika ingin membelinya,” ucap Surianto saat diwawancarai Mistar, Jumat (16/2/24).

Baca juga : Dongkrak PBB, DPRD Medan Minta Bapenda Jemput Bola WP Tertunggak

Untuk di Kota Medan, pria yang akrab disapa Butong ini pun meminta Pemko Medan melalui OPD terkait lebih masif lagi melakukan sosialisasi kebijakan ini.

“Informasinya Oktober 2024 akan diterapkan, makanya Pemko Medan harus aktif. Jangan sampai karena pelaku UMKM tidak mengetahui informasi ini, mereka (pelaku UMKM) malah jadi terkena denda. Hal seperti itu harus diantisipasi,” katanya.

Baca juga : Dugaan Manipulasi Data, DPRD Medan Segera Panggil Disdikbud

Butong juga mengimbau kepada para pelaku UMKM untuk segera mengurus sertifikat halal produknya agar ke depannya bisa berjualan dengan tenang.

“Saat ini semua pengurusannya gratis, manfaatkan kesempatan tersebut. Kalau sudah gratis juga tidak mau mengurus, tentu sulit kita membayangkannya. Sertifikat halal itu sangat perlu, sebab merupakan kepastian juga kepada para konsumen. Makanya segera diurus,” pungkasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles