16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Surat Suara Dapil 1 dan 4 di Simalungun Tertukar, 19 Diantaranya Sudah Tercoblos

Simalungun, MISTAR.ID

Surat suara Pemilu 2024 untuk DPRD Kabupaten Simalungun di TPS 002 Nagori Parbutaran, Kecamatan Bosar Maligas dan Nagori Sei Mangkei TPS 006 dan TPS 009 Kabupaten Simalungun, yang masuk daerah pemilihan (dapil) 4 tertukar dengan lembar surat suara dapil 1.

Ketua PPK Kecamatan Bosar Maligas, Abby Hernanda Manurung mengatakan, surat suara yang harusnya tidak untuk dapil 4 tersebut pun sempat tercoblos oleh masyarakat yang memilih.

“Ada juga yang sempat tercoblos sebanyak 19 surat suara. Jadinya surat suara yang tertukar dan tercoblos masuk ke suara tidak sah,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (16/2/24).

Begitu TPS dibuka, pemilih datang dan tidak memperhatikan surat suara sudah benar atau tidak. Selain itu, petugas KPPS nya juga tidak memperhatikan surat suara yang berbeda tersebut. Menurutnya, tertukarnya surat suara itu diakibatkan kelelahan pada saat melakukan packing (mengemas) ketika berada di KPU.

“Kalau dibilang kesalahan itu dari packing. Karena dia (surat suara) tercampur. Misalnya DPT nya di TPS ada 200, ada surat suara tercampur ke surat suara sekitar 40. Tetap jumlahnya sama, tetapi salah masuk ajanya ini,” katanya.

Baca Juga : KPPS di Deli Serdang Diduga Teledor, Ratusan Sisa Surat Suara Hilang dan Tertukar

Abby mengatakan, pihaknya tidak dibenarkan membuka surat suara di dalam amplop. Sementara di dalam amplop tersebut tercampur surat suara yang salah masuk dari dapil 1 ke dapil 4.

“Ada kesalahan kita juga, KPPS pun kurang teliti. Karena tercampur yang lainnya sudah benar, kan mirip-miripnya semua surat suaranya itu. Cuma yang membedakan judul di atas surat suara kan ada judulnya, dapil 1 atau dapil 4,” ucapnya.

Informasi dihimpun, di Kabupaten Simalungun terdapat lima kecamatan yang mengaalami kejadian serupa dimana surat suara tertukar antar daerah pemilihan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles