32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Ambruk Desember 2023, Pembongkaran Atap Pasar Ikan Siantar Belum Juga Selesai

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) sampai saat ini masih berupaya menyelesaikan pembongkaran atap Pasar Ikan Dwikora, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar. Padahal, atap itu ambruk pada Desember 2023 lalu.

Direktur Utama (Dirut) PDPHJ, Bolmen Silalahi mengatakan, pihaknya saat ini dalam pembersihan puing-puing dari hasil pembongkaran atap. Sisa runtuhan akan dievakuasi ke Pasar Balairung Rajawali untuk sementara waktu.

“Belum finishing. Sisa-sisa yang harus dibongkar masih ada (itu),” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/24).

Bolmen sebut, PDPHJ sebelumnya sudah melayangkan surat permohonan pedagang ke Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, untuk pemasangan tenda sementara. “Tinggal nunggu pengangkutan untuk pembersihan (sisa-sisa) material ke gudang penyimpanan,” katanya.

Baca Juga : PDPHJ Akui Terkendala Bongkar Atap Pasar Ikan Dwikora

Sebelumnya, PDPHJ menargetkan pembongkaran atap Pasar Ikan Dwikora yang roboh akan selesai sepekan ke depan. Hal itu atas instruksi Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani.

Anggota Komisi II DPRD Kota Pematangsiantar, Metro Bodyart Hutagaol menyampaikan anggaran untuk membangun atap permanen pasar dapat ditampung dalam penyertaan modal Pemko setempat. Penyertaan modal itu akan disepakati pada pembahasan Perubahan APBD (P-APBD) tahun 2024.

“Pembahasan P-APBD itu sekitar bulan 9 (September) lah,” sebutnya, belum lama ini.

Namun jika waktu menunggu P-APBD tersebut terlalu lama, Metro mengungkapkan, PDPHJ dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

“Atau ada opsi lain, mungkin PDPHJ dengan segala apa yang mereka miliki bisa melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak ketiga. Ya kalau mau sistem bagi hasil, ya itu teknis yang mereka sepakatilah,” ungkapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles